Detail Karya Ilmiah

  • Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Benda Konkret (Studi Deskriptif Kelas II di SDN Bancaran 02 Bangkalan).
    Penulis : Eldi Nadiah Mega Atika
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khairul Ikhwan, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran menulis puisi menggunakan media benda konkret kelas II di SDN Bancaran 02 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada guru dan siswa kelas II. Kegiatan triangulasi data dilakukan untuk menjaga keabsahan data. Kegiatan analisis data dimulai dari pengambilan data, telaah data, reduksi data, menyusun data, pemeriksaan keabsahan data, dan penafsiran data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis puisi menggunakan media benda konkret, sebelum melaksanakan pembelajaran guru menyiapkan komponen pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran terdiri dari kegiatan awal menarik perhatian siswa, kegiatan inti pengenalan media pembelajaran dan menyampaikan materi, kegiatan penutup pemberian penguatan dan pemberian tugas.Hasil keterampilan menulis puisi siswa lebih kreatif dalam menulis puisi. Kendala yang ditemukan yaitu kemampuan anak masih belum bisa membaca, kurangnya minat dan motivasi, kondisi media pembelajaran dan teman yang mengganggu siswa lain.

    Abstraction

    This research is aimed to know teaching of writing poetry using concrete object media of class 2 in SDN Bancaran 02 Bangkalan. This research uses descriptive qualitative research. Data collection was done by interview, observation, and documentation technique to the teachers and students class 2. The activity of data triangulation is done to keep data validity. Data analysis activity is started from data collection, data study, data reduction, arrange the data, data validity examination, and data interpretation. Based on the result of the study, can be concluded that the implementation of teaching of writing poetry using concrete object media, teachers prepare the teaching component before implement the teaching. Teaching steps consist of first activity which is catching students’ attention, main activity which are introduction of the teaching media and delivering the subject, and closing activity which are strengthening and giving tasks. The result of students’ skilled writing poetry is more competent in writing poetry. The constraint found are students who cannot read, less of interest and motivation, teaching media condition and students who bother other students.

Detail Jurnal