Detail Karya Ilmiah

  • PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MEMAHAMI UNSUR INTRINSIK CERITA KELAS V SDN BANCARAN 04 BANGKALAN
    Penulis : INDRA ZUANA DWI MAYASARI
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati S.S.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan penggunaan model word square dalam melatih berpikir kritis siswa dan kendala-kendala dalam penerapan serta menemukan solusi pemecahan masalah yang sering kali dipermasalahkan oleh guru. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di SDN Bancaran 04 Bangkalan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada aspek membaca pemahaman, pelaksanaan penilitian ini dimulai bulan Januari 2016. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskripstif. Penelitian ini secara luas digambarkan dalam deskripsi bagaimana penerapan penggunaan model word square dalam melatih berpikir kritis siswa. Instrumen yang digunakan yang dalam penelitian berupa data hasil observasi/pengamatan secara berturut-turut selama berlangsungnya proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh peneliti selaku observer, wawancara secara terstruktur dan mendalam yang dilakukan pada guru kelas dan beberapa siswa kelas V untuk mendapatkan data yang sesungguhnya dan memperoleh hasil yang maksimal. Setelah dilaksanakan observasi dan wawancara maka dapat diketahui penyebab utama yang paling banyak ditemukan pada diri siswa adalah kurangnya siswa memahami unsur-unsur intrinsik cerita dan menemukan jawaban pada kotak word square.

    Abstraction

    The aims of this study are to know how the implementation of word square model in training students’ critical thinking and the constraints in the implementation and also to find a solution for the problems that are often disputed by teachers. This study is conducted to the students in fifth grade of SDN Bancaran 04 Bangkalan on Indonesian subject on aspects of reading comprehension, the implementation of this study begins in January 2016. This study uses descriptive qualitative research approach. This study is widely portrayed in the description of how the implementation of word square model in training students’ critical thinking. The instrument used in this study is the data obtained from the observation in a row during the learning process in the classroom by the writer as the observer, structured and in-depth interviews are conducted on the class teacher and some students of fifth grade to get the actual data and obtain the maximum results. After the observation and interview have been conducted, it can be seen that the main cause which commonly found on students is the lack of students to understand the intrinsic elements of story and find the answer in the word square boxes.

Detail Jurnal