Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD NEGERI SUKOREJO 2 LAMONGAN
    Penulis : Putri Yeni Lestari
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri Sukorejo 2 Lamongan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika guru masih menggunakan metode ceramah dan tugas sehingga proses belajar mengajar di dalam kelas monoton. Pengembang membuat media alternatif yang dapat memberikan daya tarik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan Penelitian pengembangan ini adalah untuk merancang dan menguji kelayakan media permainan monopoli pembelajaran untuk digunakan sebagai pendukung pembelajaran Matematika materi Unsur dan Sifat-sifat bangung Datar Sederhana bagi siswa kelas 3 SD. Model Pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall, media monopoli pembelajaran ini diujicobakan kepada siswa kelas 3 SD Negeri Sukorejo 2 Lamongan mata pelajaran Matematika. Hasil yang diperoleh nilai uji kelayakan media permainan monopoli pembelajaran yang dikembangkan menurut ahli desain pembelajaran memperoleh hasil sebesar 86.53%, ahli media pembelajaran memperoleh hasil sebesar 93,33%, dan ahli materi memperoleh hasil sebesar 87,50%. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut dapat diinterpretasikan bahwa media permainan monopoli pembelajaran yang dikembangkan menurut para ahli validasi termasuk pada kriteria sangat layak, serta bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran Matematika materi Unsur dan Sifat-sifat Bangun Datar Sederhana bagi siswa kelas 3 SD Negeri Sukorejo 2 Lamongan. Kata Kunci : media monopoli, pembelajaran Matematika, model Borg and Gall

    Abstraction

    ABSTRACT Based on the results of research in primary schools Sukorejo 2 Lamongan learning in the subjects of Mathematics teachers still use the lecture method and tasks so that the learning process in the classroom monotony. Developers create alternative media that can provide traction so as to improve learning outcomes and facilitate teachers in delivering learning materials. Objective of this development is to design and test the feasibility of instructional media monopoly game to be used as a learning support material Mathematics Elements and Attributes of simple plane for 3rd grade students. The model used is a model development Borg and Gall, media monopoly of learning was demonstrated to students in grades 3 SD Negeri Sukorejo 2 Lamongan in Mathematics. Results obtained values feasibility test media monopoly learning game developed by expert instructional design obtain a yield of 86.53%, instructional media experts obtain a yield of 93.33%, and subject matter experts obtain a yield of 87.50%. Based on the results of the feasibility test can be interpreted that the media monopoly learning game developed by experts on the criteria of validation included a very decent, and can be used to support the learning of Mathematics materials Elements and Attributes of Simple planefor grade 3 SD Negeri Sukorejo 2 Lamongan. Keywords : Media Monopoly, Mathematics Learning, Borg and Gall models

Detail Jurnal