Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT TERHADAP SIKAP SISWA (DEMOKRATIS DAN TANGGUNG JAWAB) PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS V SDN TUNJUNG 1 BURNEH
    Penulis : Hofiah
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tunjung 1 Burneh yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel diambil sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes sikap, angket respon siswa dan observasi. Rata-rata hasil nilai posttest yang diperoleh siswa di kelas eksperimen yaitu mencapai 74,5 sedangkan kelas kontrol yaitu 72,5. Angket respon siswa terhadap pembelajaran model VCT didapatkan nilai rata-rata yaitu 31,67 dengan persentase mencapai 88%. Dapat disimpulkan bahwa respon siswa sangat baik. Hasil dari observasi aktivitas siswa diperoleh hasil rata-rata nilai 86 pada pertemuan pertama sedangkan pertemuan kedua memperoleh rata-rata nilai 91 dan dari kedua pertemuan tersebut dikategorikan sangat baik. Dari hasil observasi aktivitas siswa tersebut menunjukkan kegiatan pembelajaran terlaksana dengan baik dan siswa sangat tertarik. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji signifikansi (t), maka diperoleh nilai thitung sebesar 3,133 dan ttabel = 2,048. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak. Sehingga Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran VCT pada mata pelajaran PKn terhadap sikap siswa (demokratis dan tanggung jawab) kelas V SDN Tunjung 1 Burneh. Kata kunci: Model Pembelajaran VCT, PKn, Sikap siswa (Demokratis dan Tanggung Jawab).

    Abstraction

    ABSTRACT This study is a quantitative research by using Quasi Experimental design, the study is conducted in class V of SDN Tunjung 1 Burneh that amounted to 58 students. Sampling technique uses saturated sampling. Sample is taken as much as 2 classes. Instruments that used are attitudes test, students’ responses questionnaire, and observation. The average of posttest value that gained by students in experimental class reaches 74,5, while in control class reaches 72,5. From students’ responses questionnaire on VCT instructional model, it is gained the average value of 31,67 with the percentage of 88%. It can be concluded that the students’ responses is very good. From the results of the observation of students’ activities, it is gained that the average value is 86 in the first meeting, while the second meeting gains an average value of 91 and the two meetings are categorized into very good. The results of the observation of students’ activities show that the learning activities are implemented well and the students are very interest. From the results of the study based on the calculation of significance test (t), it is gained the value of tcount is 3,133 and ttable = 2,048. With the value of tcount and ttable, it is gainedtcount > ttable, it means that Ho is rejected. Thus, the results of the study show that there is a significant effect of the implementation of VCT instructional model in Civic Education subjects on students’ attitudes (democratic and responsibility) in class V of SDN Tunjung 1 Burneh. Keywords: VCT Instructional Model, Civics Education, Students’ Attitudes (Democratic and Responsibility).

Detail Jurnal