Detail Karya Ilmiah
-
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY (TS-TS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN MODOPURO 1 MOJOKERTOPenulis : DHIAN EKA SARIDosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M,Pd.,Dosen Pembimbing II :Fatim Munawaroh, S.Si., M.Si.,Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan two stay two stray. Penelitian ini menggunakan True Eksperimental Design dengan jenis The pretest-post-test two treatment design. Teknik sampling yang digunakan yaitu probability sampling, dengan jenis simple random sampling, sehingga sampel penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Modopuro 1 Mojokerto yang berjumlah 60 siswa yang dibagi dua kelompok secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan uji t dua sampel independen. Hasil pengujian pada kedua model pembelajaran diperoleh dari nilai pretestthitung< ttabel yaitu -0,21< 2,042, sedangkan dari nilai posttest thitung< ttabel yaitu -0,53< 2,042, sehinggga dapat dikatakan bahwa dari perhitungan hasil pretest dan posttest yang didapat, tidak ada perbedaan hasil belajar antara kedua kelas eksperimen tersebut. Hal ini dikarenakan, sintak pada model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini.
AbstractionThe purpose of the study to determine the difference of learning result between jigsaw and Two-stay Two-Stray cooperative learning model. The study applies True experimental Design attached with pretest – post test two experimental design. Sampling technique applied is probability sampling with simple random sampling. The samples of the study are 60 students of fifth grace SDN Modopuro 1 Mojokerto who are diveded into two group in random. Data collecting technique applied are questionnaire, test and observation. Hypothesis testing in indenpenden two sample t-test is used for the data analysis technique. The experimental result on two learning model shows the value of pretest tcount < ttable as -0,21 < 2,042, while the posttest is tcount < ttable as -0,53 < 2,042. Therefore, it can be concluded that the result of posttest and pretest obtained showed no difference between the two experimental class as the sintax applied in the learning model in this research.