Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN BANCARAN 4 BANGKALANPenulis : ERIK HARIYATMIDosen Pembimbing I : Badrud Tamam, S.Si., M.Pd.,Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si.,Abstraksi
Pembelajaran IPA lebih menekankan pemberian pengalaman langsung kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi agar dapat memahami alam secara ilmiah. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran agar siswa tertarik dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran IPA SD menggunakan model CLIS, (2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah menggunakan model CLIS, (3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar IPA siswa SD Kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SDN Bancaran 4 Bangkalan yang berjumlah 42 siswa, sedangkan sampel penelitian ini merupakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest, lembar pengamatan terhadap guru dan siswa, angket respon siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji gain ternormalisasi. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji-t dengan hasil thitung = 4,46 > ttabel = 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Hal tersebut juga dibuktikan dari peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,70 dengan kategori tinggi.
AbstractionLearning science emphasizes the provision of direct experience for students to develop the competencies in order to understand about the nature scientifically. Therefore we need a model of learning to make the students interested and participate actively in the learning process. The purpose of the study are: (1) Knowing how the implementation of the CLIS model in science subject in elementary school with model CLIS, (2) Find out how the students' response after using the CLIS model, (3) Find out how the effect of CLIS model on learning outcomes of science subject in forth grade in elementary school, This research student is a quantitative research is conducted by the method of True Experiment. The population of the research is all of the fourth grade students of SDN Bancaran 4 Bangkalan totaling 42 students, while the sample is saturated samples. The instrument used is a matter of achievement test in the form of pretest and posttest, observation sheets of teachers and students, and student questionnaire responses. Analysis of the data used is normality test, homogeneity test, t test, and the normalized gain test. The research hypothesis testing using t-test with the results of t = 4.46> table = 2.02, so it can be concluded that there is influence in subject of Children Learning In Science (CLIS) model on learning outcomes in science forth grade student. It is also aroved from the experimental class learning outcome is 0.70 with a high category.