Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Corong Berhitung pada Pembelajaran Matematika Materi Hitung Campuran Bilangan Bulat Kelas IV SD Negeri Gili Timur 2 Kamal.
    Penulis : Islamiyah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran corong berhtiung pada pembelajaran matematika materi hitung campuran bilangan bulat kelas IV SD Negeri Gili Timur 2, (2) Mengembangkan Instrumen yang sesuai dengan media corong berhitung pada pembelajaran matemita materi hitung campuran bilangan bulat kelas IV SD Negeri Gili Timur 2. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Langkah-langkah model pengembangan Borg and Gall antara lain: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media corong berhitung yang diperoleh dari validator ahli media, ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli bahasa sebesar 79,1% (layak), Kemenarikan media corong berhitung yang diperoleh dari angket respon siswa uji coba pemakaian memperoleh persentase sebesar 96,0% (Sangat Menarik), serta hasil angket pengguna sebesar 78,0% (valid). Keefektifan media pembelajaran corong berhitung diperoleh dari hasil lembar observasi aktivitas siswa sebesar 78,7% (baik) dan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 90,5%. Kesimpulan dari pengembangan ini adalah media pembelajaran corong berhitung layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika materi hitung campuran bilangan bulat kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Corong Berhitung, Matematika, Materi Hitung Campuran Bilangan Bulat, Model Pengembangan Borg and Gall

    Abstraction

    The purpose of this research is (1) develop instructional media corong berhitung at mathematics learning Material Calculate The Integer Mix fourth grade in SD Negeri Gili Timur 2, (2) Developing the appropriate Instruments with instructional media corong berhitung at the mathematics learning material calculate the integer mix fourth grade in SD Negeri Gili Timur 2. This research uses development model of Borg and Gall has modified Sugiyono. Stages of development model of Borg and Gall, namely: identifying problem, collecting information, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, usage trial, product revision, and mass production. Based on the results of the research, it is found that the feasibility percentage instructional media corong berhitung obtained from media expert validators, material experts, design learning experts, and linguists by 79.1% (feasible). The attractiveness of the instructional media corong berhitung obtained from questionnaire of students by the usage trial is 96,0% (very interesting), and the results of the expert users is 78,0(valid). The effectiveness of istructional media corong berhitung obtained from observation result of students activity is 78,8% (good) and completeness achievement of student is 90,5%. The conclusion of this development is instructional media corong berhitung feasible of being used as a medium of learning mathematics material calculate the integer mix at fourth grade elementary school. Keywords: Instructional Media, Corong Berhitung, Mathematics, Material calculate the integer mix. Borg and Gall Development Model.

Detail Jurnal