Detail Karya Ilmiah

  • Motivasi Siswa Sekolah Dasar dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Belajar di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi Pada Siswa di Ganesha Operation Bangkalan)
    Penulis : Moh. Rofiuddin
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro karim, S.Ag. M.Si
    Abstraksi

    Moh. Rofiuddin. 2016. Motivasi Siswa Sekolah Dasar dalam Mengikuti Layanan Bimbingan Belajar di Lembaga Bimbingan Belajar (Studi Pada Siswa di Ganesha Operation Bangkalan). Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si. Pembimbing II: M. Busyro karim, S.Ag. M. Si. ABSTRAKBimbingan belajar merupakan suatu lembaga pendidikan non formal yang secara umum tugasnya adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bimbingan belajar saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan siswa untuk tambahan mendapatkan ilmu pengetahuan, hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat bimbingan belajar serta banyak siswa yang mengikuti layanan bimbingan belajar. Permasalahan yang ingin diketahui yaitu motivasi apa saja yang menyebabkan siswa mengikuti layanan bimbingan belajar serta apa faktor yang mempengaruhinya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi serta faktor apa saja yang menyebabkan siswa mengikuti layanan bimbingan belajar di suatu lembaga bimbingan belajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi serta wawancara. Narasumber dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Narasumber yang diteliti adalah guru kelas, siswa yang mengikuti bimbingan belajar, serta orangtua dari masing-masing siswa. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada motivasi yang membuat siswa mengikuti layanan bimbingan belajar serta ada fakto-faktor yang mempengaruhi siswa dalam mengikuti bimbingan belajar. Motivasi yang membuat siswa mengikuti bimbingan adalah motivasi instrintik, ekstrinsik. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa ada enam faktor diantaranya adalah kualitas bimbingan belajar, faktor orangtua, profesi orangtua, bimbingan belajar sebagai gaya hidup, persamaan dan perbedaan bimbingan belajar dengan sekolah, hubungan dan kerjasama bimbingan belajar dengan sekolah. Kata kunci: Belajar, Bimbingan, Motivasi, Siswa, Bimbingan Belajar

    Abstraction

    Moh. Rofiuddin. 2016. motivation of elementary school students in attending the tutoring service tutoring agency (study on students at ganesha operation Bangkalan). Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Advisor II: M. Busyro Karim S. Ag., M.Si. ABSTRACTTutoring is a non formal education that in general, it has a duty to enrich the life of the nation. Tutoring today has become the students’ needs in acquiring additional knowledge that is proven by the number of tutoring places as well as the number of students who take the tutoring services. The problems that want to be understood are what motivations that make students attend the tutoring services and what factors that influence it. The objectives of this study are to know the motivations and factors that make students attend tutoring services in a tutoring agency. This study is a kind of qualitative descriptive with technique of collecting data through observation and interview. The sampling technique used purposive sampling. Resource persons in this study were taken using purposive sampling technique. Resource persons studied were is a classroom teacher, students who attend the tutoring, and the parents of each student. The results of the study prove that there are some motivations that make students attend tutoring services and there are some factors that influence students in attending tutoring. Motivations that make students attend tutoring are intrinsic and extrinsic motivations. While, there are six factors that influence students those are the quality of tutoring, parents’ factor, parents’ profession, tutoring as a lifestyle, the similarity and difference of tutoring and school, relationship and cooperation of the tutoring and the school. Keywords: Learning, Guidance, Motivation, Students, Tutoring

Detail Jurnal