Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STM (SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN GAYAM 2 BOJONEGORO
    Penulis : Dwi Rahayu Puji Astutik
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fatim Munawaroh S.Si., M.Si
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STM (Sains Teknologi Masyarakat) terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Gayam 2 Bojonegoro. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design yang terdapat dua kelompok dan dipilih secara jenuh. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STM dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui persamaan Y=50,963+0,430X diketahui bahwa tanpa diterapkannya model pembelajaran STM hasil belajar IPA sebesar 50,963, sedangkan bila diterapkan model pembelajaran STM hasil belajar IPA sebesar 72,292, maka hasil belajar IPA mengalami peningkatan sebesar 0,430. Hasil uji signifikansi menunjukkan t hitung =3,113>t tabel =2,074, H 0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran STM terhadap hasil belajar IPA kelas IV SDN Gayam 2 Bojonegoro. Hasil rata-rata uji gain ternormalisasi sebesar 0,44 berkategori sedang. Sedangkan rata-rata untuk respon siswa terhadap pembelajaran model STM sebesar 88% dengan kategori “sangat baik”. Kata kunci : Model pembelajaran STM, Hasil belajar, IPA.

    Abstraction

    This research aims to knowing the effect learning model STM (Sains Society Technology) to learning result IPA class IV elementary school Gayam 2 Bojonegoro. Appoarch this research is quantitative with research experiment Nonequivalent Control Design that there are two groups selected saturated. Class experiment with learning model STM and control with learning convensional. The average yield test gain 0,44category was. Test resutts t 3,113. This research analyzed with simple linier regression generating equation Y= 50,963+0,430X, meaning without applied learning model STM learning result IPA 50,963, whereas if implemented learning model STM learning result IPA 72,292, then the learning result of students has increased. Based on test results significant IV t count =3,113>t table =2,074, H 0 is rejected. It means that to say effect learning model STM to learning result IPA class IV elementary school Bojonegoro. From students responses questionnaire on STM intructional model, it is gained the average persentage of 88%, it can be concluded that students responses is very good. Keywords: Learning model Sains Society Technology (STM), Learning Result, Sains Science

Detail Jurnal