Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Kemuning Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo.
    Penulis : Nurika Dwi Putri
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatar belakangan betapa pentignya kemampuan menulis yang dimiliki setiap individu. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh metode mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini diadakan di SDN Kemuning. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan design quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen observasi guru, tes, dan dokumentasi. Hasil dari uji signifikansi diperoleh t_hitung=7,46>t_(tabel )=2,0687 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, dimana ada pengaruh yang signifikan metode mind mapping tehadap kemampuan menulis karangan narasi siswa. Kata Kunci: kemampuan menulis, metode mind mapping.

    Abstraction

    This study was based lately how centrality of writing skills possessed by each individual. The purpose of this study was to observe the effect on the ability of the mind mapping method essay writing narrative at fifth grade students of SDN Tarik, District of Sidoarjo. The research was conducted at SDN Kemuning. This research is a quantitative research design quasi experimental design with shapes nonequivalent control group design. The samples in this study using saturated sample. Instruments in this study was the observation instrument, test, documentation.. Results of tests of significance is obtained, it can be concluded that Ha is accepted, where there is a significant effect on the ability of the mind mapping method essay writing narrative students. Keywords: writing skills, methods of mind mapping.

Detail Jurnal