Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BISIK BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN BURNEH 1 PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIAPenulis : isni fitrianaDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.SiDosen Pembimbing II :Ira Fatmawati S.S., M.PdAbstraksi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya guru menerapkan metode konvensional pada pembelajaran bahasa Indonesia dan ketidaksesuaian penilaian hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia dikelas III SDN Burneh 1. Guru memberikan tes berupa tes tulis yang tidak dapat digunakan untuk mengukur keterampilan berbicara. Salah satu pembelajan menyenangkan yang dapat diterapkan adalah teknik pembelajaran bisik berantai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran bisik berantai terhadap keterampilan berbicara. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan quasi experimental design dengan design penelitian Noneuivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Tes hasil belajar menggunakan tes bercerita yang dianalisis menggunakan uji statistik. Dari hasil penelitian menggunakan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,124 dan ttabel = 2,010 maka thitung ? ttabel dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak, terdapat perbedaan nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran bisik berantai dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata bercerita siswa yang mengikuti pembelajaran bisik berantai mencapai 85,4 sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional mencapai 80,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik pembelajaran bisik berantai berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Burneh 1.
AbstractionThis study is motivated by the teacher’s frequency conventional method in Indonesian learning and discrepancy of learning outcomes assessment in Indonesian subject in third grade of elementary school Burneh 1 . The teacher gives a written test which cannot be used to measure the skills of speaking. One of joyful learning can be applied is whispered chain learning technique. The aim of this study is to know the effect of whispered chain learning technique to speaking skills. This study is a kind of quantitative research which uses quasi experimental design with Nonequivalent Control Group Design. Sample which used is saturated sample in which all members of the population are used as sample, those are class third grade student A as control class and class third grade student B as experimental class. Achievement test use the test tell then analyzed by using statistic test, it is found that tcount = 2,124 and ttable = 2,010 so tcount ? ttable can be stated that Ho is rejected, there is differences of the average value of students who learn whispered chain learning and students who learn conventional learning. The storytelling skills average value of the students who learn chain whispered learning reaches 85,4, while the students who learn by using conventional learning reaches 80,2.Therefore it can be concluded that chain whispered learning give effect speaking skill third grade students of elementary school Burneh 1.