Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KEC. BENJENG KAB. GRESIK
    Penulis : RIA RESTI FAUZIAH
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah (variabel X) terhadap kinerja guru sekolah dasar (variabel Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan mengambil sampel pada 62 guru di 6 sekolah dasar pada kec. Benjeng kab. gresik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kepemimpinan kepala sekolah dan angket kinerja guru .Untuk mencari pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui perhitungan uji regresi linier sederhana dan uji signifikasi. Berdasarkan persamaan regresi linier sederhana kontribusi yang disumbangkan variabel X terhadap variabel Y sebesar Y = 66,55 + 0.46 X. Hasil analisis menggunakan uji signifikan thitung (3,37) > ttabel (2,02) maka Ho ditolak, Dengan demikian artinya terdapat pengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinierja guru. Dengan uji determinan menunjukkan koefesien korelasi sebesar 0,4 maka, kontribusi yang disumbangkan variabel X terhadap variabel Y sebesar 16%. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the influence of Head Master’s Leadership (Variable X) to performance of Elementary School Teacher (Variable Y). This research use quantitative approach with use six schools are used for sample and the sample consist of 62 teachers. The collective of data use questionnaire about Head Master’s Leadership and performance teacher. To know the influence of Head Master’s Leadership to Performance of Elementary School Teacher use counting of linier regression simple experiment and significant experiment. Based on simple linier regression give contribution variable X to Variable Y around Y= 66,55 + 0.46 X. The result of analyses use significant experiment tcount (3,37) > ttable (2,02) so Ho rejected. It means There is influence between Head Master’s Leadership with teacher’s performance. With determinant test show kofisien correlation around 0,4 so, the contribution that given variable X to Variable Y around 16%. Keywords: Head Master’s Leadership, teacher’s performance

Detail Jurnal