Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh LSQ (Learning Start With A Question) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas III SDN Tambak Kemeraan Sidoarjo.
    Penulis : Nurul Mardiana Rhomadani
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :M.Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Learning Start With A Question terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi sumpah pemuda kelas III SDN Tambak Kemeraan Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan Quasi Experimental Design dengan teknik Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian ini tes hasil belajar, observasi aktivitas guru dan siswa serta angket respon siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil analisa data menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 2,160 > 2,069, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran LSQ terhadap hasil belajar PKn. Pelaksanaan keterlaksanaan pembelajaran PKn sangat efektif dengan adanya observasi aktivitas guru pada pertemuan pertama dengan rata-rata 96,43 dan rata-rata pada pertemuan kedua yaitu 94,64. Observasi siswa pada pertemuan pertama yaitu 3,62 dengan kategori sangat baik dan pada ketemuan kedua yaitu 3,54 dengan kategori sangat baik, respon siswa sangat baik dengan rata-rata 91% dengan penggunaan strategi pembelajaran LSQ. Perhitungan peningkatan nilai pretest dan postest untuk kelas kontrol dengan rata-rata 0,05 dengan kategori rendah dan eksperimen drngan rata-rata 0,49 dengan kategori sedang. Kata kunci : Strategi Learning Start With A Question, Pembelajaran PKn, Hasil Belajar

    Abstraction

    This study has an objective to know the effect of Learning Start With A Question learning strategy on learning outcomes of Civics subjects in the material of Youth Pledge of third grade of SDN Tambak Kemeraan Sidoarjo. This study uses quantitative approach with Quasi Experimental Design with the technique of Nonequivalent Control Group Design. Instruments of this study are learning outcomes test, observation of teacher and students activities, and students’ responses questionnaire. The sample of this study uses saturated sampling technique. The data analysis results show that the value of tcount > ttable is 2,160 > 2,069, then H0 is rejected, so it can be concluded that there is an effect of LSQ learning strategy on the learning outcomes of Civics subjects. The Implementation of Civics learning very effectively with their teacher activity observation at the first meeting with an average of 96.43 and an average in the second meeting, namely 94.64. Observation of the students at the first meeting of 3.62 with very good categories and the second is to meet at 3.54 with very good categories, student responses very well with an average of 91% with the use of learning strategies LSQ. The calculation of the increase in the value pretest and posttest for the control class with an average of 0.05 with a low and experimentation with category average of 0.49 with the medium category. Keywords: Learning Start With A Question Strategy, Civics Learning, Learning Outcomes.

Detail Jurnal