Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN TEMAYANG 1 BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2015/2016Penulis : Qurrotul AiniDosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.SiAbstraksi
Matematika disebut sebagai ratu dan pelayan ilmu karena merupakan sumber dari ilmu yang lain. Matematika merupakan mata pelajaran yang berperan penting dalam kehidupan manusia. Akan tetapi, banyak siswa masih sulit dalam memahami konsep dan kurang tertarik mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu diperlukan pendekatan yang menggunakan hal-hal nyata bagi siswa, menekankan keterampilan proses, berdiskusi dan berkolaborasi dengan teman sekelas sehingga mereka dapat menemukan sendiri dan menggunakan matematika untuk menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pendekatan PMRI dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain true experimental. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas V SDN Temayang I yang berjumlah 40 siswa, sedangkan sampel penelitian ini merupakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa pre-test dan post-test, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan hasil t_hitung=2,366>t_tabel=2,101, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan PMRI terhadap hasil belajar siswa. Angket respon siswa pada kelompok eksperimen memperoleh presentase 93%, sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan PMRI termasuk kategori sangat baik. Kata Kunci: Pendekatan PMRI, Hasil Belajar, Respon Siswa.
AbstractionMathematics is called as queen and the maid of knowledge because it source from other knowledge. Mathematic is a subject which has an important role in human life. But, many students are still difficult to understand the concept and less interested to follow the learning which causing the result of student are low in learning. Therefore, it is needed to use approach with realistic object for student, pressing skill process, discussion and collaboration with classmate so they can find by theirself and use mathematics for problem solving. The purpose of this research is to: (1) knowing the impact of IRME approach in learning towards the result of student learning, (2) knowing the response from students about learning by using IRME approach. This research is quantitative research with true experimental design. The population of research is all about 5th class SDN Temayang I amounted 40 students, whereas the research sample is saturates. The instruments are used the result of learning considered to pre-test and post-test, observation sheet of student activity, and student response questionnaire. The research of trial hypothesis using t-test with results t_count=2,366>t_table=2,101, so there was significant impact between IRME approach towards the result of student learning. Student response questionnaire in experiment group gain 93%, so it can conclude that student responses in learning use IRME approach is considered to the best category. Keywords: IRME approach, Learning Result, Student Response.