Detail Karya Ilmiah

  • Penggunaan Teknik Stand Up Comedy Terhadap Penulisan Narasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Made IV Lamongan
    Penulis : Valentino Denny Archadyo
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M.Pd.
    Abstraksi

    Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang dibutuhkan siswa dalam kehidupan sehari-sehari, termasuk pula menulis narasi. Namun, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam hal menulis narasi. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui penggunaan teknik stand up comedy terhadap penulisan narasi mata pelajaran bahasa indonesia di SD Negeri Made IV Lamongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil observasi, hasil wawancara, dan dokumen berupa penilain siswa. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menulis narasi dengan mengunakan teknik stand up comedy pada SD Negeri Made IV Lamongan dari delapan informan didapatkan Empat siswa tergolong kategori tinggi yaitu mampu menulis narasi dengan menggunakan teknik stand up comedy, Dua siswa tergolong kategori sedang yaitu mampu menulis narasi tanpa teknik stand up comedy, Dua siswa tergolong rendah yaitu tidak mampu menulis narasi dan tanpa teknik stand up comedy dalam materi menulis narasi yang dinilai dari beberapa aspek keterampilan menulis. Kata Kunci : Teknik Stand Up Comedy, Keterampilan Menulis Narasi, dan Pembelajaran

    Abstraction

    ABSTRACT Writing is one of the students language skills needed in everyday life, including the narrative writing. However, there are still many students who have difficulties in terms of narrative writing. Therefore, researchers conducted a study to determine the use of stand up comedy techniques to writing narrative Indonesian subjects in primary schools Made IV Lamongan. This research uses descriptive qualitative research. Decision informants using purposive sampling. The data collection is done by observation, interview, documentation. Data collected in the form of observation, interviews, and documents such as student assessment. While the validity of test data using triangulation data. Based on the results of this study concluded that the learning outcomes narrative writing using the technique of stand up comedy at the SD Negeri Made IV Lamongan of eight informants obtained Four students classified as high category that is able to write narratives using the techniques of stand up comedy, Two students classified as moderate category that is capable of writing narrative without technique stand up comedy, Two students are low is not able to write narrative and without technical stand up comedy in narrative writing material considered from several aspects of writing skills. Keywords: Technique Stand Up Comedy, Writing Skill Narrative, Enstracer

Detail Jurnal