Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS I SD KELURAHAN BAUJENG PASURUAN
    Penulis : RITA MUNICHA
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si
    Abstraksi

    Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, secara lisan maupun tulis. Namun, masih ada siswa memiliki kendala dalam berbicara. Hal tesebut dapat dipengaruhi pola asuh orang tua. Penelitan ini bertujuan mengetahui; (1) pola asuh orang tua siswa; (2) pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis ekspos fakto. Populasi berjumlah 81 siswa. Jumlah sampel diambil seluruh populasi dikarenakan populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji Anova dan uji lanjut Anova metode Schefee. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) orang tua yang menerapkan pola asuh otoritatif 77%, permisif 16%, otoritarian 7%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh terhadap kemampuan berbicara siswa. Hal ini dibuktikan dengan uji Anova dengan taraf signifikakan 5% memperoleh nilai Fhitung 31,22 > Ftabel 3,114. Artinya terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemampuan berbicara siswa kelas I SD di Kelurahan Baujeng Pasuruan. Berdasarkan uji lanjut Anova terdapat perbedaan kemampuan berbicara siswa dengan orang tua menerapkan pola asuh otoritatif serta tidak ada perbedaan antara orang tua menerapkan pola asuh otoritarian dan permisif.

    Abstraction

    Indonesian language learning directed to increase students’ communication ability in indonesian language good and correctly, oral or writtenly. However, there are students have difficulty in speaking. This thing can influenced by parents’ Parenting. This research purposed to know: (1) students’ parents’ Parenting; (2) The influence of parents’ Parenting for speaking ability. This research use quantitative approach ex-postfacto type. The number of population is 81 students. The number of sample taken all of population caused by the population less than100. The technique of collect data by using questionnaire and documentation. Validity and reability instrument test, normality test, homogenity test, anove test and a further Anova Schefee method. The result of this research are known that: (1) parents who apply authoritative parenting 77%, 16% permissive, authoritarian 7%; (2) there is significant influence of Parenting for students’ speaking ability. This thing proved by using Anova test with significant standart 5% has value Fhitung 31,22 > Ftabel 3,114. Its mean, there is influence of parents’ Parenting for students’ speaking ability at first grade of elementary school Beujeng district Pasuruan. Depends on further Anova there is differences between students’ speaking ability and parents who apply authoritative parenting also there are differences between parents who apply authoritarian and permissive parenting.

Detail Jurnal