Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN SADAH I KECAMATAN GALIS KABUPATEN BANGKALANPenulis : Siti KhotimahDosen Pembimbing I : Badrud TamamDosen Pembimbing II :Fatimatul MunawarohAbstraksi
Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar lebih menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung kepada siswa untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam secara ilmiah. Oleh karena itu pelaksanaan proses pembelajaran IPA diperlukan suatu model pembelajaran yang bervariasi supaya siswa termotivasi dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan, respon, dan pengaruh model pembelajaran kuantum terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sadah 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimental dengan Posttest-Only Control Group Design. Teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh yaitu pada kelas VA dan kelas VB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar sebagai data utama, observasi dan angket respon siswa sebagai data pendukung. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t independen sampel. Dari hasil pengujian hipotesis diketahui hasil thitung > nilai ttabel yaitu sebesar 3,253 > 2,01 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 81,8 dan kelas kontrol sebesar 72, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kuantum terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Sadah 1 kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. Kata Kunci: Hasil belajar, pembelajaran IPA , model pembelajaran kuantum.
AbstractionA learning of science on elementary level focuses on direct learning experience to students for competence development purposes. It is expected to give more exploration and comprehension of science on students point of view. Therefore, the implementation of science learning needs a spesific model in order to motivate students in the learning process. The purpose of this study was to determine the enforceability, response, and the influence of quantum learning model for learning outcomes grade science students V Elementary School of Sadah 1. This is a quantitative research methods True Eksperimental with design Posttest-Only Control Group Design. Sampling collecting technique applied is saturated sample, refers to VB and VA grade. Learning result becomes the main data in collecting technique, while observation and questionnaire are the supporting. The data then is analyzed by using independent sample t test. From the results of hypothesis testing known results tcount value > t table is 3,253 > 2,01 then Ho reject and Ha is accepted. The average results of studying the experimental class is 81,8 and control 72, therefore, it can be concluded that there are significant quantum learning model on students learning result at V grade on science subject Sadah 1, Galis District, Bangkalan Regency. Keywords : Learning result , science learning, quantum learning model.