Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Metode Mendongeng terhadap Kemampuan Pemerolehan Kosakata Bahasa Indonesia Kelas III SDN Manyarejo.
    Penulis : Dimas Ahmad Firdaus
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd., Pembimbing
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si.,
    Abstraksi

    erdasarkan penelitian di SD Manyarejo masih belum memanfaatkan masa Golden Age untuk perkembangan bahasa terutama kosakata. Lingkungan keluarga dan masyarakat mendorong siswa lebih sering menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga terkadang menggunakan bahasa Jawa dalam pembelajaran hingga seorang anak lebih terbiasa dengan bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode mendongeng terhadap kemampuan pemerolehan kosakata Bahasa Indonesia kelas III SDN Manyarejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true experimental desain dan desain penelitian posttest-only control group desain. Tehnik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes pemeroleh kosakata sebagai data utama dan observasi sebagai data pendukung. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji signifikan. Diperoleh t xiv hitung =3,689 dan t = 2,048, sehingga dapat dinyatakan Ho ditolak karena t hitung > t . Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh metode mendongeng terhadap kemampuan pemerolehan kosakata Bahasa Indonesia Kata Kunci: Metode Mendongeng, Pemerolehan Kosakata, Pembelajaran Bahasa Indonesia

    Abstraction

    Based on the study, SDN Manyarejo has not used the Golden Age for language development, especially vocabulary. Family and Society environments encourage students to use Javanese language more often in their daily lives. Sometimes, teachers also use the Javanese language in learning so that the students are more familiar with the Javanese language. This study has an objective to know the effect of storytelling method on the ability of Indonesian vocabulary acquisition of third grade of SDN Manyarejo. This study used quantitative approach with true experimental design method and posttest-only control group research design. Sampling technique used saturated sampling. Technique of collecting data used vocabulary acquisition test as main data and observation as supporting data. The obtained data are analyzed by significant test. It is obtained that t =3,689 and t table = 2,048, so it can be stated that Ho is rejected because t > t The conclusion of this study is that there is an effect of storytelling method on the ability of Indonesian vocabulary acquisition. table. Keywords: Storytelling Method, Vocabulary Acquisition, Indonesian Learning

Detail Jurnal