Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TARI BAMBU BERBANTUKAN LAGU ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATERI “MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS DRAMA”Penulis : hamidatul istiqomahDosen Pembimbing I : WAHID KHOIRUL IKHWAN S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Ira Fatmawati S.S., M.PdAbstraksi
Pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Bulutengger Lamongan diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran konvensional tersebut kurang sesuai dengan keadaan siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi mengidentifikasi unsur teks drama. Sehingga, banyak siswa yang masih mendapatkan nilai dibawah KKM serta kurang bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang membuat siswa dapat bersemangat dan aktif dalam proses pembelajaran serta untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tari bambu berbantukan lagu anak terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada materi mengidentifikasi unsur teks drama, (2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tari bambu berbantukan lagu anak terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada materi mengidentifikasi unsur teks drama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Penelitian dilakukan di SDN Bulutengger Lamongan. Populasi yang diguanakan yaitu semua kelas VI yang berjumlah 40 siswa, dengan menggunakan sampel jenuh karena semua populasi digunakan dalam penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest, serta lembar observasi aktivitas guru. Hasil pengujian hipetesis menunjukkan bahwa (2,137) > (2,101). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh model pembelajaran kooperatif tari bambu berbantukan lagu anak terhadap hasil belajar siswa kelas VI pada materi mengidentifikasi unsur teks drama.
AbstractionIndonesian learning subject in SDN Bulutengger Lamongan is impelemented by using convensional learning model. The model is less appropriote on students learning comprehensiveness, especially on the subject of indentifying drama text elements. Those cause many students get value below KKM and less enthusiastic in following the learning proces. Therefore, a learning model that able to stimulate students to keep enthusiastic and active in learning process is urgently needed to increase the students learning result. The purposes of the study are: (1) to determine the influence of cooperative learning model of bamboo dance assisted with child song on students learning result at fourth grade focused on indentify drama text elements, (2) to detemine the implementation of learning using cooperative learning model of bamboo dance assisted with child song on students learning result at fourth grade focused on indentify drama text elements. The study applies quantitative research by using Quasi Eksperimental Design. The study is conducted at SDN Bulutengger Lamongan. Population applied are overall students at fourth grade as many as 40 students. It is filtered by using saturated sampling for all population are used in the study. Instrument applied is examination paper of learning result in form of pretest and posttest and also observation sheet of teachers activity. The result of hypothesis testing shows that (2,137) > (2,101). It concludes that there is an influence of cooperative learning model of bamboo dance assisted with child song on students learning result at fourth grade focused on indentify drama text elements.