Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Perkembangan Kecerdasan Interpersonal Siswa Yang Mengalami Verbal Bullying (Studi Kasusdi SDN Pandanan 02 Kwanyar, Bangkalan).
    Penulis : Dyah Arif Kusumaningtyas.
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Kecerdasan interpersonal merupakan salah satu kecerdasan majemuk yang perlu dimiliki dan dikembangkan pada setiap diri siswa terutama bagi siswa yang mengalami perlakuan verbal bullying pada pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini antara lain untuk menjelaskan gambaran umum dari siswa verbal bullying,perkembangan kecerdasan interpersonal yang terjadi pada siswa verbal bullying, persepsi teman dan lingkungan, serta peran pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Informan yang digunakan terdiri dari 2 informan utama dan 6 informan tambahan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sekolah yang diteliti adalah SDN Pandanan 02 Kwanyar, Bangkalan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) secara umum siswa yang mengalami verbal bullying mendapatkan perlakuan negative secara verbal dan memiliki nama julukan, (2) perkembangan kecerdasan interpersonal siswa yang mengalami verbal bullying kurang begitu optimal karena kendala adanya perlakuan verbal bullying yang diterimanya, (3) persepsi yang timbul dilingkungan lebih pada persepsi yang negatif, (4) pembelajaran IPS sudah cukup optimal berperan dalam mengembangkan ketrampilan sosial siswa.

    Abstraction

    Interpersonal Intelligence is one of the multiple intelligences that need to be owned and developed in every student, especially for students who are being objected to verbal bullying in learning, especially in Social Studies learning. The objective of this study is to describe a general overview of the verbal bullying students, the interpersonal intelligence development that happens to verbal bullying students, the perceptions of friends and environment, and the role of Social Studies learning. This study is qualitative descriptive research. Informants that used in this study consist of 2 main informants and 6 additional informants. Sampling technique uses purposive sampling. School that studied is SDN Pandanan 02 Kwanyar, Bangkalan. Based on the results of the study, it can be concluded that(1) generally, students who experiencing verbal bullying get a negative treatment verbally and have a sobriquet, (2) the interpersonal intelligence development of students who experiencing verbal bullying is less optimal because of the constrain of the verbal bullying treatment that they got, (3) perception that arise in the environment is more about negative perception, (4) Social Studies learning playsquite optimal role in develop the social skills of students.

Detail Jurnal