Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATE READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA MATA PERLAJARAN BAHASA INDONESIAPenulis : utamiDosen Pembimbing I : sulaiman S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Ira Fatmawati S.S., M.Pd`Abstraksi
Permasalahan yang terjadi yaitu kemampuan membaca siswa yang sangat rendah serta hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia karena ketidakcocokan antara materi dengan model pembelajaran yang digunakan guru. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat kemampuan membaca siswa. (2) Mendeskripsikan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membaca siswa. Sehingga dapat memberikan solusi atas perasalahan yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Sugihwaras II. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini mendeskripsikan atau memaparkan hasil temuannya dengan menyeluruh dan mendalam sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan serta memberikan analisis secara sistematis bukan dalam bentuk angka-angka melainkan dengan uraian deskriptif.Hasil penelitian ini (1) Faktor penghambat kemampuan membaca siswa yaitu rendahnya kemampuan membaca dari orang tua, kepedulian orang tua terhadap pentingnya membaca, kurangnya minat baca siswa. (2) dari hasil wawancara serta observasi menunjukkan bahawa model pembelajaran CIRC sangat sesuai digunakan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia
AbstractionProblems often occured that affect the low reading comprehensiveness and result on indonesian subject is the missmatch of material and learning model used by teachers. The purposes of the study are: (1) to determine students’ reading obstacle factors. (2) to describe CIRC learning model on students’ reading comprehensiveness. Thus, there are expected to reach solution for the problems above.The study is conducted on SDN Sugih waras II at third grade. The study appllies qualitative descriptive approach by using data collecting technique as documentation, interview and observation. The study also describe and expose the overall and in-depth result of study in form of descriptive essay, not in numbers. The results of study are (1) obstacle factor of students reading comprehensiveness is the low reading comprehensiveness of parents, parents concern on reading and the lack interest on reading. (2) the result of observation and interview show that CIRC learning model is so appropriate to be implemented in enhancing students reading comprehensiveness on Indonesian subject