Detail Karya Ilmiah
-
Efektivitas Model PAKEM dengan Media CD Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menentukan Letak Bilangan di Kelas III SD.Penulis : Retno Dewi PrahastyDosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.,Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas model PAKEM dengan media CD Interaktif.Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Sukodono 1 Sidoarjo yang berjumlah 42 siswa.Sampel penelitian ini berjumlah 38 siswa berdasarkan pada perhitungan dengan teknik Solvin. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berupa pre-test dan post-test, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan angket respon siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa;(1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan model PAKEM dengan CD Interaktif terhadap hasil belajar siswa berdasarkan nilai thitung= 2,611>ttabel= 2,11 maka, Ho ditolak;(2) Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,60 dari perhitungan uji gain ternormalisasi;(3) kelima indikator efektifitas telah terpenuhi yaitu;(a) RPP dinyatakan sangat layak dengan nilai 82%;(b) Ketuntasan siswa sebesar 89%;(c) Rata-rata aktivitas guru sebesar 3,9 dengan kategori sangat baik;(d) Rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,54 dengan kategori sangat baik; dan (e) Rata-rata respon siswa sebasar 91,6% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model PAKEM dengan media CD Interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Efektivitas, Model PAKEM, CD Interaktif, Hasil belajar
AbstractionThis research is quantitative experiments using quasi experimental design. This study aims to determine: 1) effectiveness of PAKEM’s model with interactive CD media. This Research is implemented in class III SDN Sukodono 1 Sidoarjo totaling 42 students. The research sample numbering 38 students based on calculations with Solvin techniques. Instrument used is a test of learning outcomes in the form of pre-test and post-test, the observation sheet activities of teachers and students, and a student questionnaire responses. The results showed that; (1) There are significant differences in the use of PAKEM’s model applying interactive CD with the learning outcomes of students based ont = 2,611> t table = 2.11 then Ho is rejected;(2) There was an increase of 0.60 learning outcomes of the test calculations test gain;(3) the five indicators of effectiveness have been met namely;(a) RPP otherwise very decent with a value of 82%;(b) completeness of students by 89%;(c) average activity for teachers 3.9 with excellent category;(d) average of 3.54 student activity with excellent category; and (e) the average response of 91.6% of students with excellent category.So categories can be concluded that PAKEM’s learning model with interactive CD media is effective in improving student learning outcomes. Keywords: Effectiveness, PAKEM’s Model, Interactive CD, student learning outcomes