Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN PUCANGRO 1 GUDO JOMBANGPenulis : ARFINDA MAHERA LATHIFADosen Pembimbing I : EVA ARI WAHYUNI, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :MUJTAHIDIN, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap berpikir kreatif dan hasil belajar IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN Pucangro I Gudo Jombang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan Expost Facto dengan analisis kuantitatif, Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN Pucangro I Gudo. Teknik sampling yang digunakan sampel jenuh. Data analisis menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hasil yang signifkan secara parsial menunjukkan gaya belajar berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif. 2) Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara gaya belajar audio terhadap hasil belajar IPA. 3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan menunjukkan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. 4) Kontribusi yang disumbangkan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 93,6% dan gaya belajar terhadap hasil belajar pada mata peajaran IPA sebesar 65%. Kata Kunci: Gaya Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar IPA
AbstractionThis research aims to determine the influence of learning styles to creative thinking and the result in Science study. This research was conducted in Pucangro I Gudo Elementary School. This is descriptive research and ex post facto by using quantitative analysis, data collection using questionnaires and documentation. The population in this research were all of class IV. The sampling technique used is saturated samples. Data analysis is by using multiple linear regression. The results showed that : 1) There is a partially significant results showed that learning styles affect creative thinking skills. 2) There is a partially significant influence between audio learning styles to the result of Science study. 3) There is a simultaneously significant effect showed the learning style to the ability in thinking creatively and the result in Science subject. 4) The contributions donated by learning style to the students’ creative thinking skills is 93,6% and learning styles to the result of study in Science is 65%. Keywords: Learning Styles, Creative Thinking Skills, and Result of Science Study