Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi Kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap Kemampuan Menulis Karangan (Study Kasus pada Siswa Kelas III SDN 1 Balongpanggang)
    Penulis : Enyrosa Putri Islami
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Menulis karangan adalah salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan menulis sekaligus berbahasa. Akan tetapi tidak semua siswa memiliki kemampuan menulis karangan sederhana dengan ejaan dan penulisan yang tepat. Selain itu siswa juga masih kurang terampil untuk mengembangkan gagasan menjadi sebuah kalimat dan paragraf yang padu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Kemampuan siswa menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan pengaruh strategi pembelajaran kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 1 Balongpanggang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design dengan dua macam perlakuan yang berbeda di dua kelas yaitu kelas kontrol (IIIA) dan eksperimen (IIIB). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi yang terdiri dari keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, dan angket. Hasil uji hipotesis data menunjukkan thitung (2,2495) > ttabel (1,7897) dengan taraf signifikan ?=0,05. Sehingga dapat disimpulkan strategi kooperatif Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri di kelas III SDN 1 Balongpanggang.

    Abstraction

    Writing an essay is one way to develop the writing and speaking abilities. However, not all of the students have an ability to write a simple essay with appropriate spelling and writing. Besides that, the students are still less skilled to develop ideas into a coherent sentence and paragraph. This study is aimed to know: Students’ ability in writing a simple essay based on picture series by using conventional learning and the effect of cooperative strategy learning of Rotating Trio Exchange (RTE) on simple essay writing ability of students in class III of SDN 1 Balongpanggang. Method that used in this study is Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design with two kinds of different treatments in two classes, namely control class (IIIA) and experimental class (IIIB). Instruments of this study are test, observation sheets that consist of learning implementation and students’ activity, and questionnaire.The results of data hypothesis test show that tcount (2,2495) > ttable (1,7897) with significance level is ?=0,05. Therefore, it can be concluded that the cooperative strategy method of Rotating Trio Exchange (RTE) has an effect on simple essay writing ability based on picture series in class III of SDN 1 Balongpanggang.

Detail Jurnal