Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPPED PICTURE PADA TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SEMESTER 2 (STUDI PADA SISWA KELAS 3 SD NEGERI BANYUAJUH 2 KAMAL)
    Penulis : Agria Golda Vegetari
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Abstraksi

    Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam kebehasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas media pembelajaran Flipped Picture dalam tema Bumi dan Alam Subtema 1 Pembelajaran 1. Dengan media pembelajaran tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan define, design, development dan dessiminate. Instrumen dan media penelitian ini telah divalidasi oleh beberapa ahli yaitu ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Terdapat 3 uji coba penelitian yaitu uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media pembelajaran Flipped Picture menurut ahli bahasa adalah 87,5% (sangat layak), ahli materi 81,2% (layak), dan ahli media 85,0% (layak). Efektivitas media pembelajaran Flipped Picture diukur dari segi proses yaitu pada uji perorangan 92,5% (sangat efektif), uji kelompok kecil 91,9% (sangat efektif), dan uji kelompok besar 89,5% (sangat efektif). Kemenarikan media pembelajaran Flipped Picture diukur menggunakan angket siswa dengan persentase uji perorangan 93,3% (sangat menarik), kelompok kecil 95,5% (sangat menarik), dan kelompok besae 92,1% (sangat menarik). Kata kunci : Media Pembelajaran, Flipped Picture, Tema Bumi dan Alam, Model Pengembangan 4D

    Abstraction

    Instructional media is one important factor in the success of the learning process because by using instructional media, the learning objectives can be delivered well. The purpose of this study was determined the feasibility and effectiveness of Flipped Picture Instuctional Media on theme of the earth and the universe sub-theme 1 learning 1. With Instructional media learning objectives can be delivered better. This study uses 4D model which consists of four stages, such as define, design, development, and disseminate. Instruments and media research has been validated by some experts that are linguists, matter experts, and media experts. There are 3 research trial that individual trial, small grup trial, and large grup trial. Based on the results of the study, it is found that the feasibility percentage of the Flipped Picture instructional media according to linguist is 87,5% (very feasible), according to matter expert is 81,2% (feasible), and according to media expert is 85,0% (feasible). The effectiveness of the Flipped Picture instructional media based on the process, such as individual test is 92,5% (very effective), small group test is 91,9% (very effective), and large group test is 89,5% (very effective). The attractiveness of the Flipped Picture instructional media based on the students’ questionnaire, such as individual test is 93,3% (very interesting), small group is 95,5% (very interesting), and large group is 92,1% (very interesting). Keywords: Instructional Media, Flipped Picture, Theme of The Earth and The Universe, 4D Instructional Development Model.

Detail Jurnal