Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENERAPAN METODE POSTER SESSION TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PADA TEMA “LINGKUNGAN SAHABAT KITA” SISWA KELAS V SDN DEMANGAN 1 BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2015-2016
    Penulis : IZZATUS SYAFI MASRUROH
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :M. Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode poster session memiliki pengaruh yang signifikan pada sikap peduli lingkungan pada tema “lingkungan sahabat kita” siswa kelas V SDN Demangan 1 Bangkalan. Untuk tujuan tersebut, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan metode Quasi Experimental dengan rancangan nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan observasi. Pengujian validitas, reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji homogenitas, uji linier, uji regresi linier sederhana, uji signifikan t, uji gain. Diolah dengan bantuan program Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 69,4 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol hanya 66,7 dan uji signifikasi diperoleh nilai dengan thitung sebesar 8,423 dengan ttabel = t (?/2,n-2) = 1,787, dengan thitung > ttabel maka Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil angket respon siswa maka rata-rata skor yang diperoleh siswa 70,74 dari sekor maksimal 80, ini menunjukkan respon siswa terhadap pembelajaran metode poster session tinggi. Sehingga menunjukkan bahwa metode poster session berpengaruh signifikan terhadap sikap peduli lingkungan siswa pada Tema “Lingkungan Sahabat Kita” siswa kelas V SDN Demangan 1 Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2015-2016.

    Abstraction

    This study aims to determine the Poster Session method significant effect of influence environment awareness attitude in "Environment is Our Friends” theme fifth grade students of elementary school Demangan 1 Bangkalan. To this purpose, the research is quantitative method using Quasi Experimental design with nonequivalent control group design. Data collected by the method of test, questionnaire and observation. Testing the validity test, reliability instruments, normality test, homogeneity test, linear test, simple linear regression analysis, significant t test, gain tes. Processed by Excel 2007 program. The results showed the average value posttest of experimental class is 69.4 and the average value posttest control class only 66.7, and significant test get with count of 8.423 with t table = t (? / 2, n-2) = 1.787, with t count > t table, then Ho is rejected, there is significant influence. Based on the student questionnaire respon result, the average scores is 70.74 from 80 maximum score, it shows the students response to the poster session metodees is high. So the Poster Session method has a significant effect on the environment caring attitude of fifth grede students of elementary school in "Environment is Our Friends" theme at 2015-2016 academic year.

Detail Jurnal