Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Media Mamonzle dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis Pantun Anak pada Siswa kelas IV SDN Kamal 2.
    Penulis : Anggita Febrina R, .
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M,Pd.
    Abstraksi

    Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang terdiri dari empat aspek diantaranya membaca, menyimak, berbicara dan menulis. Dalam urutannya keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sulit dari keempat unsur keterampilan tersebut. Keterampilan menulis dipengaruhi dari proses membaca, menyimak dan berbicara. Pada kenyataan yang terjadi di lapangan menulis pada pantun merupakan pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa. Untuk itu dalam pembelajaran bahasa Indonesia perlu didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk manfaat dan penerapan dan mendeskripsikan media mamonzle dalam keterampilan menulis pantun anak mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Kamal 2. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif dan dilaksanakan di SDN Kamal 2. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media mamonzle ini menjadikan siswa lebih semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran, siswa tidak cenderung bosan di dalam kelas sehingga siswa lebih termotivasi untuk berpikir kreatif dan imajinasi dalam menuangkan ide atau gagasan, pikiran dan perasaan secara tertulis dalam bentuk pantun.

    Abstraction

    Indonesian is a lesson that consists of four aspects those are reading, listening, speaking, and writing. In order, writing skills is a difficult skill of the four skills elements. Writing skills is influenced by the process of reading, listening, and speaking. In reality happens on the field, to write a poem is a difficult lesson to be understood by the students. Thus, in Indonesian learning should be supported by the use of appropriate instructional media. This study has an objective to know the application and to benefits the mamonzle media in children poem writing skills in Indonesian subjects of fourth grade students in SDN Kamal 2. This study uses qualitative descriptive approach and it is conducted in SDN Kamal 2. The collecting data uses observation, interview, and documentation. Based on the results of the study, it can be concluded that the of applying the mamonzle media makes the students more active in the learning, students do not tend to get bored in the classroom, so the students are more motivated to think creatively and imaginatively in conveying their ideas, their thought, and their feeling in writing in the form of poem.

Detail Jurnal