Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK TATA SURYA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 6 DENGAN MATERI SISTEM TATA SURYA DI SDN UJUNG PIRING
    Penulis : Ferry Septian Putra
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam proses pembelajaran, yaitu siswa kurang aktif karena belajar masih sederhana tanpa bantuan mediapembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran IPA. Maka dari masalah tersebut, ingin mengembangkan "media box solar system" pada mata pelajaran IPA tentang tata surya kelas VI semester 2. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan. Tahapan-tahapan ini meliputi: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, peningkatan desain, pengujian produk, revisi produk, pengujian penggunaan, revisi produk akhir, produksi massal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pengumpulan data dalam bentuk kuesioner, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif, statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil kelayakan media kotak surya menurut media ahli adalah 79% (cukup valid, cukup efektif, cukup lengkap, perlu perbaikan kecil), menurutpembelajaran desain ahli adalah 83 % (sangat valid, sangat efektif, sangat lengkap, dapat digunakan tanpa perbaikan), menurut ahli konten atau materi adalah 87% (sangat valid, sangat efektif, sangat menyeluruh, dapat digunakan tanpa perbaikan), dari hasil 93% uji coba kelompok kecil, kemudian dari hasil uji coba kelompok ekstensif 92%. Dapat disimpulkan bahwa media kotak surya cocok untuk digunakan dalam mata pelajaran sains tentang tata surya. Kata kunci: Pengembangan, Tata Surya, IPA, Tata Surya

    Abstraction

    This development research is motivated by a problem in the learning process, which is that students are less active because learning is still simple without the help of learning media, especially in the Science Subject. So from these problems, want to develop a "media box solar system" on science subjects about solar system class VI semester 2. This development uses the development model Borg and Gall which has 10 stages. These stages include: problem identification, information gathering, product design, design validation, design improvement, product testing, product revision, usage testing, final product revision, mass production. The instrument used in this development research is data collection in the form of questionnaires, interviews, documentation. The data analysis technique used in this study is descriptive qualitative analysis, descriptive statistics. Based on the results of the research that has been done, the results of the feasibility of solar box media according to expert media is 79% (quite valid, quite effective, quite complete, needs minor repairs), according to learning design experts is 83% (very valid, very effective , very complete, can be used without improvement), according to content experts or material is 87% (very valid, very effective, very thorough, can be used without improvement), from the results of 93% small group trials, then from the results of extensive group trials 92%. It can be concluded that the solar box media is suitable for use in science subjects about the solar system. Keywords: Development, Solar System, IPA, Solar System

Detail Jurnal