Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Model Pembelajaran Pair Check dalam Keterampilan Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan.Penulis : munawarahDosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Ira Fatmawati, S.S., M,Pd.Abstraksi
Keterampilan menulis tidak akan datang dengan sendirinya, melainkan harus melalui latihan terus-menerus. Model pembelajaran mampu memberikan latihan yang menyenangkan untuk melatih keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran pair check dalam keterampilan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN Bancaran 4 Bangkalan dan kesulitan yang dihadapi siswa ketika menulis karangan sederhana. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa data hasil observasi secara berturut-turut selama proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh peneliti selaku observer, wawancara secara terstruktur dan mendalam yang dilakukan pada guru kelas dan siswa kelas III unutk mendapatkan data yang maksimal. Setelah dilaksanakan observasi dan wawancara maka dapat diketahui kesulitan yang dialami oleh siswa adalah penngunaan ejaan dan pembentukan paragraf.
AbstractionWriting skills will not come by itself, but must go through continuous training. The instructional model is able to provide a fun practice to train the students’ writing skills. This study has an objective to know and describe the process of the application of Pair Check instructional model in writing skills in Indonesian subjects of third grade students in SDN Bancaran 4 Bangkalan and the difficulties that faced by the students when they write a simple essay.This study uses qualitative descriptive research approach. The instrument that used in this study is the data from the observation in a row during the learning process in the classroom that conducted by the writer as an observer, and structured and in-depth interview that conducted on the classroom teacher and the students in third grade to obtain maximum data. After conducted the observation and interview, it can be found that the difficulties that faced by the students are the use of spelling and paragraph formation.