Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Perilaku Hidup Clean and Healthy Pada Siswa UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan
    Penulis : Arinda Rizki Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Moh.Edy Nurtamam., S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida MArdiyana., S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Anak usia Sekolah Dasar merupakan usia tempat di tanamkan tentang cara berprilaku hidup bersih dan sehat pada siswa disekolah, agar sejak dini agar mereka dapat membiasakan hidup bersih dan sehat dengan baik. Untuk itu penanaman tentang cara berprilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dapat di berikan melalui materi pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pada siswa UPTD SDN Bancaran 4 di sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan triangulasi. Sampel sember data dipilih secara purbosive sampling. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat siswa SDN Bancaran 4 Bangkalan sudah baik. Ketercapaian indikator yang ada disekolah maupun indikator dalam materi pelajaran IPA dapat siswa terapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Namun ada sebagian siswa yang masih belum menerapkannya, seperti mencuci tangan sebelum makan, menggunakan kamar mandi yang bersih dan mengkonsumsi jajanan sehat dan bersih di kantin sekolah. Peran pendukung dari masyarakat sekolah kususnya guru kelas dan orang tua yang menjadi pendukung siswa dalam berperilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dengan baik. Kata Kunci : Penerapan, Perilaku Hidup Clean and Healthy pada Siswa, Pelajaran IPA

    Abstraction

    Elementary school age children is the right age to cultivate on how to behave in a clean and healthy living in schools, so that planting on how to behave clean and healthy living in school, this can provide though material science lessons. This study aimed to determine the application of hygienic behavior and healthy from students of UPTD SDN BANCARAN 4 and a supporting role in cultivating students’ hygienic behavior and healhty from students of UPTD SDN BANCARAN 4 in school. This type of research is qualitative desecriptive. Data collection was done by interviews, observation, documentation, and triangulation. Sampel data source selected by purbosive sampling. Based on the results of this study concluded that, aplication of a clean and healthy lifi behavior of students UPTD SDN BANCARAN 4 Bangkalan already good. Achievement indicators in school and indicators in the material science lessons students can apply in everyday life well. However there are some students who still do not apply, such as washing hands before eating, using the bathroom were clean and consume healthy snacks and clean in the school cafeteria. The support student in a clean and healthy life behavior at school wel. Keywods : Application, clean and healthy lifestyle, science lesson

Detail Jurnal