Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VI di SDN Wonoayu 1 Sidoarjo
    Penulis : M.Ramdhan Maulana
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman,S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S. Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Experimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN Wonoayu 1 Sidoarjo yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Adakah pengaruh strategi kontekstual terhadap kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VI SDN Wonoayu I Sidoarjo, dan 2) Bagaimana pengaruh strategi kontekstual terhadap kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VI SDN Wonoayu I Sidoarjo. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes menulis surat resmi dan angket respon siswa terhadap strategi kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Ada pengaruh strategi kontekstual terhadap kemampuan menulis surat resmi yaitu berdasarkan hasil penghitungan nilai t xi hitung sebesar 5,266. Dengan t = t (?/2 ,n-2) = 2,0687. Dengan nilai t hitung dan t tabel diperoleh t hitung > t , ini berarti H ditolak dan Ha diterima. Menunjukkan pembelajaran bahasa Indonesia dalam materi surat resmi dengan menggunakan strategi kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis surat resmi siswa kelas VI SDN Wonoayu 1 Sidoarjo, 2) Angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan strategi kontekstual didapatkan nilai rata-rata dari tiga aspek dengan persentase yaitu 83,6%. Dapat disimpulkan siswa antusias, tertarik dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran dengan strategi kontekstual. 0 Kata kunci : Strategi Kontekstual, Kemampuan Menulis, Surat Resmi

    Abstraction

    This study is a quantitative research with quasi experimental method. The participants are 25 students of grade sixth at Wonoayu 1 Sidoarjo Elementary School. This study is aimed to know 1) Effect of contextual strategy to wards the ability of writing formal letter student class 6 in wonoayu 1 Sidoarjo elementary school. 2) How effect of contextual strategy to wards the ability of writing formal letter student class 6 in Wonoayu 1 Sidoarjo elementary school. The data was taken by giving writing test and questionnaire to know students responses to words the contextual strategy.the remil of the data showed: 1) There was on effect on the contextual strategy.to words the ability of writing formal letter based on the calculation tcount = 5,266 with ttabel = t 2,0687. With tcount = 5,266 with and ttable gained tcount > ttable. It meant that H was refused and Ha was accepted this result showed if the application of contextual strategy in writing formal letter gave significant effect to sixth grade students of Wonoayu Elementary School. 2) The questionnaires showed the average score from 3 aspect, with the percentage 83,6%. To sum up student were excited interested, and enthusiast to learn with contextual strategy. xii (?/2 ,n-2) = Key words : contextual strategy, writing ability, formal letter

Detail Jurnal