Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA FLANEL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERITA ANAK TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA DI KELAS II SDN GRABAGANPenulis : Erny IndriawatiDosen Pembimbing I : Wahid Khairul Ikhwan, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiAbstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Experimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN Grabagan Sidoarjo yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka flanel terhadap keterampilan bercerita siswa. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes unjuk kerja dan angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi, 1) Persentase dari hasil validasi media boneka flanel yaitu 89,28%. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran sangat layak digunakan, 2) Ada pengaruh media boneka flanel terhadap keterampilan bercerita siswa yaitu berdasarkan hasil penghitungan nilai thitung sebesar 5,096. Dengan ttabel = t(?/2 ,n-2) = 2,0687. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Menunjukkan pembelajaran bahasa Indonesia dalam materi bercerita siswa dengan menggunakan media boneka flanel memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan bercerita siswa kelas II SDN Grabagan Sidoarjo, 3) Angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media boneka flanel didapatkan nilai rata-rata dari tiga aspek dengan persentase yaitu 94,47%. Dapat disimpulkan siswa antusias, tertarik dan senang dalam mengikuti proses pembelajaran dengan media boneka flanel.
AbstractionThis study is quantitative research by using quasi experimental method; this study is conducted in class two of SDN Grabagan Sidoarjo that consists of 50 students. The study has an objective to know the effect of the using of flannel puppet media on students storytelling skills. Technique of collecting data is donw with performance test and questionnaire methods. The results of this study show the validtion results, 1) The percentage of validation results of flannel puppet media is 89,00%. This, it can be concluded that this instrutional media is very feasible to be used, 2) There is an effect of flannel puppet media on students’ storytelling skills based on the calculation of tcount value which is 5,096. With ttabel =t(a/2 ,n-2) = 2,0687. With the value of tcount and ttable is tcount >ttable,it means that H0 is rejected and Ha is accepted. It shows that Indonesian learning in the material of students storytelling skills in class two of SDN Grabagan Sidoarjo, 3) From students responses questionaire on the learning by using flannel pupet media, it is gained the average value from three aspects with the percentage of 94,47%. It can be concluded that students are enthusiastic, interested, and happy in the learning process by using flannel puppet media.