Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS TERPADU MODEL CONNECTED PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI SISWA KELAS IV SDN TALANGO 1 SUMENEPPenulis : ERWININGSIHDosen Pembimbing I : Mujtahidin S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim S.Ag., M.SiAbstraksi
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPS terpadu model connected pada materi aktivitas ekonomi siswa kelas IV SDN Talango 1 Sumenep. Bahan ajar merupakan bahan atau media bantu yang dapat digunakan guru atau siswa untuk melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan. Langkah pengembangan bahan ajar yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, 1) langkah analisis awal-akhir, 2) langkah analisis siswa, 3) langkah analisis materi, 4) langkah analisis tugas, 5) langkah spesifikasi tujuan pembelajaran, 6) langkah penyusunan tes, 7) langkah pemilihan media, 8) langkah pemilihan format, 9) langkah perancangan awal, 10) langkah validasi ahli, 11) langkah uji coba keterbacaan, 12) langkah uji coba lapangan. Hasil penelitian diperoleh data hasil validasi bahan ajar 90,6% (sangat valid dan dapat digunakan), hasil uji coba keterbacaan 83,3% (tinggi), rata-rata peningkatan hasil belajar siswa 38,3%, respon siswa 85,4%, keterlaksanaan pembelajaran 83% (baik), dan tanggapan guru 86,1% (sangat baik). Berdasarkan hasil data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar IPS terpadu model connected pada materi aktivitas ekonomi siswa kelas IV SDN Talango 1 Sumenep adalah layak digunakan.
AbstractionThis research of development aimed at developing instructional material for integrated social science of connected model economic activity to the material fourth grade student of SDN Talango 1 Sumenep. Instructional materials are materials or media that can be used to help teachers and student to implement the learning process. This research use development of 4D model by Thiagarajan. Some step development of teaching materials were performed in this study namely, 1) Step analysis frond-end, 2) Step analysis of the student, 3) Step analysis of the material, 4) Step task analysis, 5) step specification instructional objectives, 6) Step breastfeeding test, 7) Step media selection, 8) Step format selection, 9) Step initial design, 10) Step validation, 11) Step test readability, and 12) Step field trial. The result of the study obtained data from the validation of teaching materials 90,6% (very valid and can be used), the test results readability of 83,3% (high), the average increase of 38,3% of student result, student response 85,4%, implementation of learning 83%, (good), and teacher feedback 86,1% (excellent). Based on the results of these data, it can be concluded that the development of intructional materials IPS integrated model of connected economic activity to the material fourth grade student of SDN Talango 1 Sumenep is proper to use.