Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap sikap kerjasama dan disiplin belajar siswa di SDN Sidomulyo Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto
    Penulis : Nur Aisyah Wulandari
    Dosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni,S.Pd.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mujtahidin, S.Pd.M.Pd.
    Abstraksi

    Nur AisyahWulandari, 2016. Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Sikap Kerjasama dan Disiplin Belajar siswa di SDN Sidomulyo Kec. Bangsal Kab. Mojokerto. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si. Pembimbing II Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Sikap Kerjasama dan Disiplin Belajar siswa di SDN Sidomulyo Kec. Bangsal Kab. Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN Sidomulyo. Teknik sempel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data tambahan. Validitas instrumen diperiksa oleh ahli materi, ahli IT dan ahli bahasa. Validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment. Reliabilitas instrumen angket menggunakan rumus Spearman Brown. Hasil analisisi instrumen menunjukan bahwa instrumen penelitian valid dan reliabel untuk digunakan mengambil data. Uji prasyarat analisis varians menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas. Uji Hipotesis memperoleh t hitung > t tabel yaitu sebesar 10> 1,98 yang berarti terdapat pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Sikap Kerjasama siswa di SDN Sidomulyo. Dan Uji Hipotesis memperoleh t hitung > t tabel yaitu sebesar 11,643> 1,98 yang berarti terdapat pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone terhadap Sikap Disiplin Belajar Siswa di SDN Sidomulyo. Koefisien Determinasi yang disumbangkan variabel intensitas penggunaan smartphone (X) terhadap sikap kerjasama siswa (Y1) adalah 60 %. Dan Kontribusi yang disumbangkan variabel intensitas penggunaan smartphone (X) terhadap sikap disiplin belajar siswa (Y2) adalah 60 %. Kata kunci : Intensitas Penggunaan smartphone, sikap kerjasama, sikap disiplin belajar siswa.

    Abstraction

    Nur AisyahWulandari, 2016. The Influence of Using Smartphone for the Coorporation and Studying Desciplinely Action of Students in Sidomulyo Elementary School Kec. Bangsal Kab. Mojokerto. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty Of Education. University of Trunojoyo Madura. Advisor I Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si. Advisor II Mujtahidin, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research is aimed to find out the effect intensity of using mobile phone toward Cooperation Attitude and Discipline Learning of student in SDN Sidomulyo Kec. Bangsal Kab. Mojokerto. This study use descriptive qualitative approach. The research population is students of IV, V and VI class in SDN Sidomulyo. The sampling technique used is simple random sampling. This research is using questionnaires as a main data and documentation as an additional data. The instrument validity examined by subject matter experts, IT experts and linguists experts. The validity of the instrument is using product moment correlation formula. Reliability of questionnaires is using Spearman Brown formula. The result of the analysis showed that the instruments are valid and reliable to be used to take the data. Prerequisite variance of test analysis is using Liliefors test to determine normality. Hypothesis test obtained t count > t table that is equal to 10> 1,98 , which meant there are significant intensity effect of using mobile phone to the cooperation attitude of student at SDN Sidomulyo. The hypothesis test obtained t > t table that is equal to 11,643> 1,98 which is means there are significant intensity of using mobile phone toward discipline student's attitude in SDN Sidomulyo. Coefficient determination contributed variable intensity of use of mobile phone (x) to the cooperation attitude of student (Y1) is 60 %. Contributed variable intensity of using mobile phone (x) to discipline student's learning (Y2) is 60 %. Keywords: The intensity of using mobile phone, cooperation attitude, student learning discipline.

Detail Jurnal