Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaPenulis : Sujatmoko Surya BangunDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.PdAbstraksi
Berdasarkan hasil pengamatan di SDN Tejosari II ditemui beberapa siswa kelas III yang belum mampu membaca dengan baik. Hal ini mengakibatkan rendahnya nilai mata pelajaran bahasa Indonesia dibandingkan mata pelajaran lain. Oleh karena itu, dilakukan penelitian menggunakan model CIRC dengan berbantu media boneka tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat siswa SDN Tejoasri II tidak dapat membaca dengan baik dan benar. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pembelajaran CIRC berbantu media boneka tangan pada mata pelajaran bahasa Indonesai terhadap kemampuan membaca siswa kelas III SDN Tejosari II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dilaksanakan di SDN Tejosari II. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model CIRC berbantu boneka tangan dapat membantu siswa membaca menjadi baik. Terdapat dua faktor yang menghambat siswa SDN Tejosari II kelas III membaca dengan baik. Faktor internal adalah minat siswa untuk membaca dan faktor eksternal adalah lingkungan keluarga. Kata kunci: Model Pembelajaran, Model CIRC, Kemampuan Membaca
AbstractionBased on student results of observations at SDN Tejoasri II, several class III students were found who were not abe to read well. This results in a lower value of Indonesian language subjects than other subjects. Therefore, research was conducted using the CIRC model with the help of hand puppet media. This study aims to determine what factors make students of SDN Tejoasri II unable to read properly and correctly. In addition, it also aims to find out and describe CIRC learning models assisted by hand puppet media on Indonesian language subjects on the reading ability of third grade students at SDN Tejosari II. This study used a descriptive qualitative approach and was carried out at Tejosari II Elementary School. Data collection uses observation, interviews, and documentation. Based on the results of the study using the CIRC model assisted by hand puppets can help students read to be good. There are two factors that inhibit students of SDN Tejosari II class III from reading well. Internal factors are students' interest to read and external factors are family environment. Keywords: Learning Model, CIRC Model, Reading Ability.