Detail Karya Ilmiah
-
Peran Sekolah dalam Menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Soket Dajah 1 Kecamatan Tragah, Kabupaten BangkalanPenulis : Jundy Haqiqi AbdillahDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SDN Soket Dajah 1. Sampel diambil dengan menggunakan snowball sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah dalam menanamkan perilaku hidup sehat kepada siswa. Hasil penelitian menujukkan bahwa peran sekolah dalam menumbuhkan perilaku hidup sehat terbagi atas program sekolah, peran kepala sekolah dan peran guru. Dimana pada hasil penelitian diperoleh bahwa program sekolah yang dilaksanakan di SDN Soket Dajah 1 untuk menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat meliputi: mengadakan piket kelas, kerja bakti, cuci tangan pakai sabun, membuang sampah pada tempatnya, apotek hidup, slogan kata-kata positif mengenai kebersihan. Sedangkan peran guru dalam menerapkan perilaku hidup sehat pada siswa meliputi: skorektor, motivator, pengatur kelas, pembimbing, pengajar dan demonstrator. Ketiganya saling berkaitan untuk mewujudkan tujuan awal sekolah yaitu menerapkan perilaku hidup sehat kepada siswa melalui beberapa program sekolah yang diadakan oleh sekolah melalui peran guru. Kata kunci: Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Program Sekolah, Peran Guru.
AbstractionThis study is a descriptive qualitative research held at SDN Soket Dajah 1 Tragah Bangkalan. The sample was taken by using snowball sampling. This study was conducted to investigate the role of school stakeholder in instilling healthy life behaviour to students. The results show that the role of school stakeholder in instilling students’ clean and healthy life behaviour consists of school program, headmaster’s role and teacher’s role. The results of the study shows that the school program include having class cleaning crew, communal work, washing hand using hand soap, throwing the rubbish in appropriate place, herbal pharmacy and positive slogan of cleanliness. Meanwhile, the teacher’s roles to instill healthy life behaviour to students include corrector, motivator, class manager, advisor, educator, and demonstrator. They relates each other to make the beginning objective of school come true; instilling healthy life behaviour to students by doing some school programs through the role of teacher. Keywords: clean and healthy life behaviour, school program, teacher’s role