Detail Karya Ilmiah

  • Peningkatan Membaca Pemahaman melalui Media Pembelajaran Buku Cerita Anak pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Pilang 01 Sidoarjo.
    Penulis : Irfa Nurul Chanifa
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bersumber dari guru yang kreatif dalam kegiatan belajar mengajar bahasa Indonesia. Guru menggunakan media yang menarik bagi siswa pada materi membaca cerita anak. Guru kelas V memiliki inovasi dengan menggunakan media pembelajaran agar pembelajaran membaca cerita anak menjadi menyenangkan. Membaca dilakukan agar pembaca meningkatkan perbendaharaan pada unsur bacaan. Dengan bantuan media pembelajaran buku cerita anak berfungsi untuk mengarahkan siswa agar fokus pada pembelajaran dan memahami teks bacaan. Media pembelajaran berfungsi membantu siswa yang kurang lancar membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil dari guru kelas V dan siswa berjumlah 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media buku cerita dapat meningkatkan membaca pemahaman yaitu siswa memahami pengertian sederhana, memahami makna bacaan, dan rata-rata kecepatan membaca 5 kalimat dalam 1 menit. Aktivitas siswa selama pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan buku cerita yaitu semangat, antusias, dan mandiri. Hasil kesimpulan cerita melalui membaca pemahaman pada kelas V yaitu isi cerita yang runtut dan kerapian penulisan. Simpulan yang dapat diambil yaitu penggunaan media buku cerita anak dapat meningkatkan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Pilang 01 Sidoarjo. Kata kunci: membaca pemahaman, media buku cerita, cerita anak

    Abstraction

    This study comes from teachers who are creative in teaching and learning Indonesian. Teachers use media that appeals to students on the material reading children stories. The Teacher of grade V has innovated by using instructional media for learning to read children's stories to be enjoyable. The ability to read is done in order to improve the reader's treasury on the elements of reading. With the help of a children's book learning media serve to direct students to focus on learning and understanding the reading text. Media Learning helps students who are not fluent in reading. This research is a descriptive qualitative study with technique. Purposive sampling The technique of collecting data through observation phase, interviews, and documentation. This research data is taken from the fifth grade teachers and 15 students. The results of this study indicate that the use of the media story books can improve reading comprehension that students understand simple terms, understand the meaning of the reading, and the average speed of reading 5 sentence 1 minute. Activities of students during learning reading comprehension by using story books that spirit, enthusiasm, and self-contained. The conclusion of the story trough reading comprehension in class V is use of a children's book media can improve students' reading class V SDN Pilang 01 Sidoarjo. Keywords: reading, story book media, children stories

Detail Jurnal