Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDUCTIVE THINKING BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV SDPenulis : Irma Risti Dia AyuDosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni,S.Pd.,M.Si.Dosen Pembimbing II :M.Busyro, S.Ag.,M.Si.Abstraksi
Irma Risti Dia Ayu, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inductive Thinking Berbasis Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Ranah Kognitif Siswa Kelas IV SD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si. Pembimbing II Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si. ABSTRAK Penggunaan model pembelajaran Inductive Thinking berbasis keterampilan proses sains dapat menyajikan pembelajaran IPA secara menarik dan ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inductive Thinking berbasis keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA pada ranah kognitif siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dimana kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Urangagung-Sidoarjo. Sampel yang digunakan berjenis sampel jenuh, seluruh populasi digunakan dalam penelitian. Kelas IV-1 merupakan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Inductive Thinking berbasis keterampilan proses sains dan kelas IV-2 merupakan kelas kontrol yang tanpa diberi perlakuan tetapi menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Instrumen penelitan ini adalah tes, kuisioner dan observasi. pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi (uji-t), dengan hasil t hitung > t tabel yaitu sebesar 4,771 > 2,035. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran inductive thinking berbasis keterampilan proses sains terhadap hasil belajar IPA pada ranah kognitif siswa kelas IV SD. Hal tersebut juga dibuktikan dari rata-rata nilai pre-test 67,142 dan rata-rata nilai post-test setelah diberikan perlakuan yaitu 81,428. Kata kunci : Model pembelajaran inductive thinking berbasis keterampilan proses sains, hasil belajar IPA
AbstractionIrma Risti Dia Ayu, 2016. The effect of Inductive Thinking Learning Model Based Science Proses Skill Toward The Outcome Science in Cognitive Domain of Students 4th class of state Elementary School. Thesis. Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education. University of Trunojoyo Madura. Advisor I Ari Eva Wahyuni, S.Pd., M.Si. Advisor II Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si. ABSTRACT The use of Inductive Thinking Learning Model based science proses skill can present an interesting and ideal Science learning. This study is aimed to know the effect of Inductive Thinking Learning Model based science proses skill toward the outcome in cognitive domain of students 4th class of state elementary school. This study uses quasi-experimental method in which the two classes get different treatment. Population of this study is all students in class 4th of SDN Urangagung-Sidoarjo. Sample that used is saturated sample, all of the population are used in this study. Class 4th-1 is experimental class that is given a treatment by using Inductive Thinking Learning Model Based Science Proses Skill and class 4th-2 is control class that is not given a treatment but using the method of lecture and discussion group. Instruments of this study are test, quiestionnares and observation. The hypothesis uses t-test with the result of tcount = 4,771 > ttable = 2,035, so there is an effect of Inductive Thinking Learning Model based science proses skill toward the outcome science in cognitive domain of students 4th class of state elementary school. It is also proven by the average of pretest value which is 67,412 and the average of posttest value after the tretments is 81,428. Keyword : Inductive Thinking Learning Model Based Science Proses Skill, the Outcome science