Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Dadu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pengenalan Huruf Vokal kelas I SDN Bedanten Bungah Gresik
    Penulis : Aminatul Musabakha
    Dosen Pembimbing I : Ira fatmawati, S.S., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia serta keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia materi pengenalan huruf vokal kelas I. Dengan media pembelajaran bertujuan agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Pengembangan media dadu huruf vokal ini telah dikembangkan berdasarkan model pengembangan Borg and Gall. Terdapat 2 uj i percobaan yaitu uji kelompok kecil dan uji kelompok besar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa presentase kelayakan media pembelaj aran dadu huruf menurut ahli bahasa adalah 84%, 80%, dan 80% (sangat valid), ahli materi adalah 94,12% (sangat valid), ahli desain pembelajaran adalah 83,07% dan 92,30% (sangat valid) dan ahli media adalah 81,17% (sangat valid). Efektivitas media pembelajaran dadu huruf diukur dari segi proses yaitu pada uji kelompok kecil adalah 95,23% (sangat efektif) dan pada uji kelompok besar adalah 98,21% (sangat efektif). Kemenarikan media pembelajaran dadu huruf diukur dengan menggunakan angket siswa dengan presentase uj i kelompok kecil adalah 98,34% (sangat menarik) dan pada uji kelompok besar 98,71% (sangat menarik). Kata kunci : Media Pembelajaran, Media Dadu Huruf, Model pengembangan Barg and Gall

    Abstraction

    The purpose from the researcher to know the effectiveness of indonesian Language learning with being active students in the following learning of indonesian language the material introduction vocal letters for the 1 st class. The purpose of learning media to the learning can reach well. The development of this letter dice media has developed based on the model development of Borg and Gall. There are two experiments test that was a small group and test big group. Based on research conducted, obtarned result that presentase the fasibility of the medium of learning dice letters according to the language 84 %, 80%, and 80% (very valid). Material expert is 94,12 % ( very valid), expert design learning is 83,07 and 92, 30 (very valid) and expert media is 81,17 % ( very valid) the effectivness learning media dice letters measured from the terms of the process in the test small group is 95,23 % ( very effectiv) and in the test big group is 98,21 % ( very effectiv). The attractive of learning media dice letter measured from used inquiries students with presentase test small group is 98,3 % ( very interesting) and in the test big group 98,71 % ( very interesting) Keywords : Learning Media, Dice Letters Media, The Model Development Of Borg and Gall.

Detail Jurnal