Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN ALAT PERAGA LINGKUNGAN SEHAT DAN TIDAK SEHAT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN JUKONG 2 BANGKALAN
    Penulis : AINUR RAFIQAH
    Dosen Pembimbing I : Eva Ari Wahyuni, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan lingkungan dan fasilitas di SDN Jukong 2 Bangkalan masih minim. Media yang ada di dalam kelas hanya berupa gambar-gambar saja. Model pembelajaran serta media yang digunakan bersifat monoton karena kurangnya fasilitas sekolah yang menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan. Sekolah ini memiliki lingkungan yang masih kurang bersih yang dapat dibuktikan dengan kamar mandi yang kotor dan berserakan sampah. Salah satu upaya meningkatkan kualitas proses belajar yang lebih baik adalah dengan penggunaan alat peraga. Tujuan peneliti menggunakan alat peraga lingkungan sehat dan tidak sehat untuk menciptakan media yang menarik sesuai dengan materi dan keadaan di sekolah tersebut. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti adalah model Borg & Gall yang memiliki 10 tahapan diantaranya (1) Identifikasi masalah, (2) Pengumpulan informasi, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Perbaikan desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk tahap akhir, (10) Produksi massal. Alat peraga lingkungan sehat dan tidak sehat diperoleh hasil validasi ahli media adalah 93,3% (sangat valid), ahli desain pembelajaran adalah 70,8% (cukup valid), ahli materi adalah 90% (sangat valid), ahli bahasa adalah 95,5%. Presentase kelayakan alat peraga dari responden yang dilakukan pada uji coba kelompok kecil adalah 89,7% sedangkan dari responden yang dilakukan pada uji coba kelompok besar adalah 95,4%. Hasil perolehan presentase tersebut adalah hasil akhir yang telah dikonversikan pada tabel kriteria tingkat pencapaian nilai.

    Abstraction

    The background of the study is minimum conditionof of facility and environment at SDN Jukong 2 Bangkalan. Media used in classes are mostly in form of drawing picture. The learning model and media applied are monotonous for the less of facilities have by this school that also causes the boring teaching and learning activity. This school also does not too aware on cleanliness as seen on the bathroom and waste disposal. One way to increase the quality of better teaching and learning is to provide useful and interestinglearning props. The purpose of the study is to create interesting props according to subject taught and school environment and condition. Development model applied is Borg and Gall whicah consist of 10 steps; (1) research identification, (2) collecting information, (3) designing product, (4) validating design, (5) maintenancing design, (6) experimenting the design, (7) revising product, (8) experimenting usage, (9) revising final product, (10) mass production. Healthy and unhealthy environment props obtain validation result come from media expert as 93,3% (very valid), learning design expert as 70,8% (quite valid), material expert as 90% (very valid), linguist as 95,5%. The properness percentage of props taken from respondent through small group experiment is 89,7%, while the large group is 95,4%. The result of percentage result is the final results are converted through criteria table in value achievement level.

Detail Jurnal