Detail Karya Ilmiah
-
Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Benda Konkrit Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN LawanganagungPenulis : Pungky Hadi SusiloDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Media Benda Konkrit Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Lawanganagung, meliputi aspek aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lawanganagung terdiri dari 40 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh keterlaksanaan pembelajaran guru rata-rata sebesar 90,8% dengan kategori sangat aktif, aktivitas siswa memperoleh rata-rata sebesar 75,4% dengan kategori sangat aktif, respon siswa memperoleh ratarata sebesar 94% dengan kategori sangat baik dan hasil belajar siswa secara klasikal menunjukan ketuntasan hasil belajar sebesar 85%. Demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media benda konkrit pada mata pelajaran matematika efektif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran, Media Pembelajaran Benda Konkrit, Hasil Belajar.
AbstractionThe purpose of this study is to determine the Effectiveness of Learning Process by using Concrete Media toward Student achievement on Math study at 4 Class of Lawanganagung Elementary School that evaluated in some aspects, such as teacher activity, student activity, student response, and the student achievement aspect. This study uses quantitative design that focuses on quasi experimental design and type of nonequivalent control group design. Participant of this study is 40 students at 4th class of Lawanganagung Elementary School. This study uses saturated sampling technic that is a determination technic by using all participants as sample. As a result, on average 90.8% of teachers learning process are categorized as hyperactive, on average 75.4% of students activity are categorized as hyperactive,on average of 94% of students response are categorized as very well and more than 85% of students achievement classically shows improvement. In conclusion, by using concrete media in learning process on math studyis effective toward achievement students. Keyword: Effectiveness, Learning Process, Concrete Media, student Achievement