Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
    Penulis : IRMA ERVIAN DAMAYANTI
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si, M.Pd.
    Dosen Pembimbing II : YuninHidayati, S.Si, M.Si
    Abstraksi

    IPA adalah mata pelajaran penting yang membutuhkan banyak keterampilan sains didalamnya, sehingga perlu pembelajaran yang efektif agar siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pembelajaran IPA dengan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Unggulan Jetis 3 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain true experimental. Populasi penelitian berjumlah 42 siswa, sampel penelitian sebanyak 38 siswa dipilih secara random menggunakan Teknik Solvin. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar, rancangan perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Pengujian hipotesis ini menggunakan ketercapaian indikator efektivitas pembelajaran dengan hasil penilaian perangkat pembelajaran kategori sangat baik yaitu 3,26, dan peningkatan hasil belajar siswa kategori sedang diperoleh rata-rata 0,64, aktivitas siswa kategori baik pada pertemuan pertama dengan prosentase 87% siswa aktif dan pertemuan kedua kategori sangat aktif dengan prosentase 91%. 94% Siswa juga merespon pembelajaran dengan sangat baik Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode problem solving efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN Unggulan Jetis 3 Lamongan. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran, Metode Problem Solving, Hasil Belajar IPA

    Abstraction

    Science is an important subject that needs many science skills in it. Thus, the effective learning is needed in order to make the students interested to the learning and give an active role in the learning. The objective of this study is to know the effectiveness of learning Science by using problem solving method on learning outcomes of fourth grade students of SDN Unggulan Jetis 3 Lamongan. This study is a quantitative research with true experimental design. The population of this study is 42 students, samples of the study are 38 students that are chosen randomly by Solvin Technique. Instruments that used are the questions of learning putcomes test in the form of pretest and posttest, design of learning devices and students activity observation sheet Hypothesis test of the study uses by indicator of effectiveness. Which the rating of learning devices is in excellent category that is 3,26 and the improving students’ learning outcomes is in medium category with the average of 0,64, students’ activity is in good category in the first meeting with the percentage of 87% students are active and in the second meeting , the category is very active with the percentage of 91%. 94% students also give a very good response to the learning. So that, it can be concluded that the learning by using problem solving method is effective. Keywords: Learning Effectiveness, Learning Science, Problem Solving Method

Detail Jurnal