Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Media Pop Up Book Pada Materi IPS Persebaran Fauna di Indonesia Terhadap Hasil Belajar SIswa Kelas 5 SD
    Penulis : Diah Ayu Nurjannah
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fatchur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini untuk mengetahui penerapan media pop up book pada materi ips persebaran fauna di Indonesia. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri Buduran Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo pada kelas V yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan uji gain ternormalisasi yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah. Perhitungan uji gain ternormalisasi menggunakan rumus (nilai postest-nilai pretest)/(nilai ideal-nilai pretest) . Dari hasil uji gain ternormalisasi diperoleh hasil rata-rata pada pretest diperoleh sebesar 71,85 dan posttest diperoleh sebesar 87,57 dan dapat diketahui juga uji gain yaitu sebesar 0,56 dengan kriteria sedang. Dapat diketahui dengan interpretasi tinggi diperoleh jumlah siswa 12 dan presentase 20,00 % . Pada interpretasi sedang diperoleh jumlah siswa 14 dan interpretasi 45,00%. Pada pada interpretasi rendah diperoleh jumlah siswa 6 dan presentase 15,00%. Pada interpretasi tetap diperoleh jumlah siswa 3 dan presentase 10,00% dan penurunan tidak ada jumlah siswa dan persentase 0,00 %. Tes untuk mengetahui peningkatan awal hingga akhir belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan media pop up book materi persebaran fauna di Indonesia dapat dilihat dengan uji gain yaitu 0,56 dengan kriteria sedang. Kata Kunci : Media Pop Up Book, Persebaran fauna di Indonesia dan hasil belajar

    Abstraction

    ABSTRACT This research is to find out the application of pop up book media on the material of the distribution of fauna in Indonesia. This approach uses a descriptive quantitative approach. This research was carried out in the UPTD of Buduran Elementary School in Buduran Subdistrict, Sidoarjo Regency in class V which amounted to 35 students. This study uses a normalized gain test that is used to determine the increase in learning outcomes between before and after. Normalized gain test calculations using the formula (nilai postest-nilai pretest)/(nilai ideal-nilai pretest) from the normalized gain test results obtained the average results at the pretest obtained at 71,85 and the postest obtained at 85,57 and can also be known that the gain test is equal to 0,56 with the criteria being. Can be known by high interpretation obtained by the number of students 12 and a percentage of 20%. In teh medium interpretation, the number of students is 14 and the percentages is 45%. In the low interpretation the number of students is 6 and the percentage of 15% in the interpretation is obtained by the number of students 3 and 10% and decreases in the number of students and presentation 0% tests to determine the increase in beginning to end of student learning before and after learning with the pop up book fauna distribution material in Indonesia can be seen with a gain test which is 0,56 with the criteria being medium. Keywords : pop up book media, distribution of fauna in Indonesia and learning outcomes

Detail Jurnal