Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA KELAS V SDN PANDIAN 01 SUMENEP
    Penulis : MAGHFIRATUL AROFAH
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan makanan pada manusia kelas V SDN Pandian 01 Sumenep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control grup design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Pandian 01 Sumenep. Teknik sempel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis, Uji signifikansi memperoleh t hitung > t tabel yaitu sebesar 3,201 > 2,0484 dengan batas kritis 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan makanan pada manusia kelas V SDN Pandian 01 Sumenep. Perolehan uji gain ternormalisasi mendapatakan rerataan sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa materi sistem pencernaan makanan pada manusia kelas V SDN Pandian 01 Sumenep . Kata kunci : Alat Peraga, Hasil belajar

    Abstraction

    The objectives of this research is to investigate the effect of the implementation of model aid toward students’ learning result in the material of human digestive system Grade V of Pandian I Elementary School Sumenep. This research uses quantitative method which is in experiment research by using quasi experimental design in the form of non-equivalent control group design. Populations of this research are fifth grade students of Pandian I Elementary School Sumenep. Sampling technique used in this research is non probability sampling with saturated sample method. Data collection technique is done by using test, observation, and questionnaire. Based on the result of hypothesis test, significance test, it is obtained that t count > t table which is 3,201 > 2,0484 in critical limit 0.05 so that H0 is refused and Ha is accepted. In other word, there is an effect in the implementation of model aid toward students’ learning result in the material of human digestive system Grade V of Pandian I Elementary School Sumenep. The score of normalized gain test in the average of 0.41. this shows moderate category. In conclusion, there is a significant effect in the implementation of model aid toward students’ learning result in the material of human digestive system Grade V of Pandian I Elementary School Sumenep. Key words : Model Aid, Students’ Learning Result

Detail Jurnal