Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PUZZLE TATA SURYA BERBASIS FLASH DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VI SDN BANCARAN 1 BANGKALAN
    Penulis : Dimas Agung Putra
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd, M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan sebuah produk Multimedia Puzzle Tata Surya Berbasis Flash yang layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi Sugiyono. Tahapan model pengembangan Borg and Gall antara lain: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil persentase kelayakan Multimedia Puzzle Tata Surya Berbasis Flash menurut ahli bahasa sebesar 92,5% (sangat layak), ahli materi 84% (sangat layak), ahli media 89% (sangat layak), serta ahli desain pembelajaran 78,8% (layak). Hasil angket pengguna pada uji coba produk mencapai 89,6% (sangat baik) dan uji coba pemakaian mencapai 93,8% (sangat baik). Hasil angket respon siswa pada uji coba produk mencapai 83% (sangat menarik) dan uji coba pemakaian mencapai 93,8% (sangat baik). Keefektifan media pada uji coba produk didapat dari observasi aktivitas guru sebesar 83,3% (sangat efektif), dan observasi aktivitas siswa sebesar 82,7%(sangat efektif), serta hasil belajar siswa 100% tuntas. Keefektifan media pada uji coba pemakaian didapat dari observasi aktivitas guru sebesar 86,5%(sangat efektif), dan observasi aktivitas siswa sebesar 83,7%(sangat efektif), serta hasil belajar siswa 100% tuntas. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa multimedia Puzzle Tata Surya Berbasis Flash layak diterapkan sebagai media pembelajaran IPA untuk siswa kelas VI sekolah dasar.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of the development study is to improve an appropriate product of multimedia puzzle solar system based flash that can be utilized as alternative media in science learning. The developing model applied are Borg and Gall which have been modified by Sugiyono. The developing section of the learning media consists of 10 steps; potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, usage trial, product revision, and mass production. Based on the results of the research, it is found the feasibility percentage instructional multimedia puzzle solar system based flash according to linguists 92,5% (very feasible), material experts 84% (very feasible), media experts 89% (very feasible), and design learning experts 78,8% (very feasible). The results of user questionnaires on product trials reached 89,6% (very good) and trial usage reached 93,8% (very good). Result of questionnaire of student response on product trial reach 83% (very interesting) and trial usage reach 93,8% (very interesting). The effectiveness of media on product trials obtain from observation of teacher activity equal to 83,3% (very effective), and student activity observation equal to 82,7%% (very effective), and student learning result 100%. The effectiveness of media on trial usage obtain from observation of teacher activity equal to 86,5% (very effective), and student activity observation equal to 83,7% (very effective), and student learning result 100%. The results of this study indicate that multimedia puzzle solar system is feasible as sains learning media for sixth grade elementary school student.

Detail Jurnal