Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Media Komik Tanpa Teks terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana pada Siswa Kelas III SDN Kamal 1
    Penulis : Yuliana Wulaningtyas
    Dosen Pembimbing I : Wahid Khoirul Ikhwan, M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muhammad Busyro Karim, S.Ag., M.Si
    Abstraksi

    Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar terdiri dari empat keterampilan. Salah satunya yaitu keterampilan menulis. Keterampilan menulis sering dianggap sulit dan perlu mendapat perhatian lebih karena banyak siswa yang tidak tertarik dengan pembelajaran tersebut, sehingga hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu, guru perlu merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dengan menerapkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media komik tanpa teks terhadap keterampilan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN Kamal 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kamal 1. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas III yang berjumlah 40 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian ini adalah kuisioner dan soal pre-test dan post-test. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dengan hasil t_hitung=18,164 >t_tabel=1,734, sehingga terdapat pengaruh media komik tanpa teks terhadap keterampilan menulis karangan sederhana. Hal tersebut juga dibuktikan dari rata-rata nilai pre-test 63,2 dan rata-rata nilai post-test setelah diberikan perlakuan yaitu 75. Kata kunci: Pembelajaran bahasa Indonesia, media komik tanpa teks, keterampilan menulis.

    Abstraction

    Indonesian learning in elementary school consists of four skills. One of them is writing skill. Writing skill is often considered difficult and should get more attention, because many students are not interested in writing skills, so the average value is low. Therefore, teacher needs to design the interesting learning activities by implementing the instructional media. The aim of this study is to know the effect of media of comics without the text on simple essay writing skill of students in 3^rdclass of State Elementary School of Kamal 1. This study is a quantitative research with quasi experimental method. This study is conducted in State Elementary School of Kamal 1. Population in this study is all students in 3^rdclass of State Elementary School of Kamal1, that amounted to 40 students, while sample that used is saturated sample. Instruments of this study are questionnaires and questions of pre-test and post-test. The hypothesis uses t-test with the result of t_count=18,164 > t_table=1,734, so there is an effect of media of comics without the text on simple essay writing skill. It is also proven by the average of pre-test value which is 63,2 and the average of post-test value after the treatments is 75. Keywords: Indonesian Learning, Media of Comics without the Text, Writing Skill.

Detail Jurnal