Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS (PRP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDPenulis : RUTINAHDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd, M.Si.,Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah S.Pd, M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode practice-rehearsal pairs terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas III SD dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan metode practice-rehearsal pairs dalam pembelajaran Matematika kelas III SD. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan metode Quasi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas III A dan B SDN Mlajah 02 Bangkalan, yang berjumlah 53 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Instrument penelitian berupa tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji prasyarat yang telah dilakukan menunjukan nilai thitung sebesar 2,154 > ttabel sebesar 2,064. Berdasarkan kaidah pengujian yang digunakan nilai thitung > ttabel maka HO ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode practice rehearsal pairs terhadap hasil belajar. Selain itu, penggunakan metode practice rehearsal pairs dalam pembelajaran Matematika mendapat respon positif dengan perolehan persentase nilai rata-rata sebesar 83% dengan kategori sangat baik. Jadi, berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa metode practice rehearsal pairs berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan direspon positif oleh siswa dalam pembelajaran Matematika.
AbstractionThe aim of this research is to knowing the effect of practice-rehearsal pairs methods on learning outcomes of students in a mathematics learning of third grade elementary and to knowing the response from students againts to using of methods of practice-rehearsal pairs in a mathematics learning of third grade elementary. This research is a quantitative research, with a quasi experimental design method. Populations in this research is all students in third grade A and B SDN Mlajah 02 Bangkalan that amounted to 53 students. The sample that used is saturated sample because all populations is used in this research. Techniques of collecting data used tests, observations, and questionnaires. Instruments of this study are used achievement test, observation sheets, and questionnaire of a response student. Based on the result of the prerequisite test whit the result of tcount of 2,154 > ttable of 2,064. Based on the rules of t-test whit the result of tcount > ttable then Ho is rejected. It meaning is a significant effect used of methods of practice-rehearsal pairs on student learning outcomes. In addition, the use of methods of practice-rehearsal pairs in mathematics received a positive response from the acquisition of the percentage of students with a average value of 83% with a very good category. So, based on the result of the analysis can beconclud of practice-rehearsal pairs method is can to effect on student learning outcomes and it was positive responsed by students in learning of mathematics.