Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEDIA LIRIK LAGU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III SDN URANGAGUNG SIDOARJOPenulis : HERLINAWATIDosen Pembimbing I : SULAIMAN, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :MOHAMAMMAD EDY NURTAMAM., S.Pd., M.SiAbstraksi
Herlinawati. 2017. Pengaruh Teknik Akrostik dengan Media Lirik Lagu Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas III SDN Urangagung Sidoarjo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Pembimbing I: Sulaiman, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. ABSTRAK Penggunaan teknik akrostik dengan media lirik lagu dapat menyajikan pembelajaran keterampilan menulis puisi secara menarik dan ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik akrostik dengan media lirik lagu terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDN Urangagung-Sidoarjo. Puisi akrostik merupakan puisi yang terbentuk dari sebuah huruf-huruf yang tercantum pada judul puisi yang kemudian ditulis atau disusun secara vertikal. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dimana kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda. Sampel yang digunakan kelas III-1 merupakan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan teknik akrostik dengan media lirik lagu dan kelas III-2 merupakan kelas kontrol yang tanpa diberi perlakuan tetapi menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan diskusi. Instrumen penelitian ini adalah tes, angket respon siswa dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji signifikan (uji-t), dengan hasil thitung = 2,0837 > ttabel = 2,0057. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan teknik akrostik dengan media lirik lagu terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDN Urangagung Sidoarjo. Hal tersebut juga terbukti dari rata-rata nilai pretest 62,72 dan nilai posttest setelah diberikan perlakuan yaitu 82,59. Kata kunci : teknik akrostik, media lirik lagu, menulis puisi
AbstractionHerlinawati. 2017. The Effect of Acrostic Technique with Song Lyrics Media on Poetry Writing Skills of Third Grade Students of SDN Urangagung Sidoarjo. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Sulaiman, S.Pd., M.Pd, Advisor II: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si ABSTRACT The use of acrostic technique with song lyrics media can present learning poetry writing skills interestingly and ideally. This study has an objective to know the effect of acrostic technique with song lyrics media on poetry writing skills of third grade students of SDN Urangagung-Sidoarjo. Acrostic poetry is a poetry that formed from letters listed on the title that then written or arranged vertically. This study uses quasi experimental method in which the two classes are treated by different treatments. Samples that used in class III-1 is experimental class that treated by using acrostic technique with song lyrics media and class III-2 is control class that is untreated but uses methods of lecturer, question and answer, assignments and discussion. Instruments of this study are test, students’ responses questionnaire, and observation. The test of hypothesis uses significance test (t-test) with the result of tcount = 2,0837 > ttable = 2,0057. So that, there is a significant effect of acrostic technique with song lyrics media on poetry writing skills of third grade students of SDN Urangagung Sidoarjo. It can also be proven by the average of pre-test value that is 62,72 and post-test value after get the treatment is 82,59. Keywords: acrostic technique, song lyrics media, writing poetry