Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI JENIS DAN PERSEBARAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN KAMAL 2Penulis : SupriyantoDosen Pembimbing I : Drs Harun Al Rasyid, M.siDosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd.,M.PdAbstraksi
Penggunaan model pembelajaran concept attainment dapat menyajikan pembelajaran IPS secara menarik dan ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model concept attainment terhadap hasil belajar IPS pada Materi Jenis dan Persebaran Sumber Daya Alam Kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dimana kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kamal 2. Sampel yang digunakan berjenis sampel jenuh, seluruh populasi digunakan dalam penelitian. Kelas IV-B merupakan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran concept attainment dan kelas IV-A merupakan kelas kontrol yang tanpa diberi perlakuan tetapi menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok. Instrumen penelitan ini adalah tes, angket respon dan observasi. pengujian hipotesis menggunakan uji-t independent, dengan hasil thitung ? ttabel yaitu sebesar 2,12 ? 2,02 Ho ditolak dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan akhir antara siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran concept attainment terhadap hasil belajar IPS pada materi jenis dan persebaran sumber daya alam siswa kelas IV SDN Kamal 2. Hal tersebut juga dibuktikan dari rata-rata nilai pretest 52,8 dan rata-rata nilai post-test setelah diberikan perlakuan yaitu 70,2. Kata kunci : Concept attainment, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.
AbstractionThe use of concept attainment learning model can present an interesting and ideal learning of Social Sciences. This study has an objective to know the effect of concept attainment model on Social Sciences learning outcomes in the material of Types and Distribution of Natural Resources of Fourth Grade Elementary School. This study uses quasi-experimental method in which the different treatment is given to the two classes. Population that used is all fourth grade students of SDN Kamal 2. Sample that used is a kind of saturated sample, all population used in this study. Class IV-B is an experimental class treated by using concept attainment learning model and class IV-A is control class that untreated but uses lecture method and group discussion. Instruments of this study are test, questionnaire responses and observation. The hypothesis test uses t independent test, with the results that is tcount ? ttable of 2,12 ? 2,02 Ho are rejected that can be concluded that there is a different final ability between students of experimental class with students of control class. So that, there is an effect of concept attainment learning model on Social Sciences learning outcomes in the material of types and distribution of natural resources of fourth grade of SDN Kamal 2. It is also proven by the average value of pre-test of 52,8 and the average value of post-test after being given the treatment is 70,2. Keywords: Concept attainment, Learning outcomes, Social Sciences.