Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan di SDN Bancaran 4 Kabupaten Bangkalan. Peneliti menemukan permasalahan diantaranya; sebagian besar siswa kurang aktif, menyontek hasil pekerjaan temannya, dan ramai saat guru menjelaskan materi. Guru hanya terfokus pada penyampaian materi yang dilakukan secara ceramah. Guru kurang memilih metode yang tepat yang mampu membuat siswa aktif. Sehingga kreatifitas mereka terhambat, karena tidak adanya interaksi timbal balik antara guru dengan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan solusi untuk mengatasinya, yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi, misalnya menggunakan metode drill and practice. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran materi menulis surat pribadi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini seluruh siswa kelas IV SDN Bancaran 4 yang berjumlah 43 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Sedangkan untuk kegiatan analisis data dimulai dari pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis surat pribadi menggunakan metode drill and practice berjalan kondusif, menyenangkan, aktif, dan siswa mengerjakan secara mandiri tugas yang diberikan guru. Alhasil, kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi menjadi sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang memperoleh nilai sangat baik.

    Abstraction

    This research is started from the observation which is done in SDN Bancaran 4 Bangkalan. The researcher finds several problems namely; most of students are less active, cheating their friend’s work and being noisy when the teacher explains the material. The teacher just focuses on conveying of the material which is conducted by using lecturer method. The teacher does not choose the appropriate method that can make the students being active. Thus, student’s creativity is obstructed because there is no feedback interaction between the teacher and the students. Based on the following problems, it is needed the solution to solve it. The solution is by using the instructional method that is appropriate to the material, such as by using drill and practice method. The aim of this research is to describe the implementation of learning material to write personal letter on Indonesian learning. This research uses descriptive qualitative method. The objects of the study are all students in the class IV of SDN Bancaran 4 which amounted to 43 students. The collecting data is done by several techniques namely observation, interview, documentation, and data triangulation. While the analyzing data is started from data collection, data reduction, data display, and drawing conclusion. The result of this research indicates that the implementation of Indonesian learning of personal letter writing material by using drill and practice method runs conducively, fun, and active and the students do the task from the teacher independently. Consequently, the student’s ability in writing the personal letter has very good improvement. It can be seen from the students’ learning results that get excellent value.

Detail Jurnal